Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, masyarakat diminta melakukan vaksinasi ulang - WisataHits
Jawa Tengah

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, masyarakat diminta melakukan vaksinasi ulang

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19. Khusus pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini, pemerintah kembali mengimbau warga yang belum mendapatkan vaksinasi ulang untuk segera melakukannya.

“Jadi bagi masyarakat yang belum mendapatkan penyegaran, segera lakukan penyegaran, pastikan selalu dalam keadaan sehat saat melakukan perjalanan. Selain vaksinasi ulang, juga penting untuk menjaga kesehatan mereka,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam diskusi FMB9, Senin 19 Desember 2022.

Wiku mengatakan aturan perjalanan liburan tertuang dalam Surat Edaran Gugus Tugas (SE) #24 dan #25. Untuk pelancong domestik dan asing, pada dasarnya orang harus memiliki penguat.

“Dan sistem itu sudah terintegrasi dengan sistem perawatan dan perlindungan di tempat-tempat umum, termasuk terminal, bandara, pelabuhan, dan stasiun kereta api,” tambahnya.

Baca Juga: Ingin Peluang Lolos CPNS 2023 Tinggi? Daftar melalui formasi ini dan lihat apakah Anda memenuhi persyaratan

Ia mengatakan, masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan seharusnya tidak menemui hambatan untuk melakukan perjalanan. “Namun tetap harus diingat bahwa masyarakat tidak hanya harus mematuhi persyaratan vaksinasi saat bepergian, tetapi juga menjaga kesehatannya,” tambah Wiku.

Wiku juga mengimbau pengelola objek wisata untuk mematuhi protokol kesehatan. Pengunjung harus difasilitasi, salah satunya dengan penerapan due diligence dan protection terhadap screening pengunjung yang memasuki fasilitasnya.
Pengelola objek wisata harus memfasilitasi, memantau, dan memastikan vaksinasi pengunjung yang tepat. Protokol kesehatan harus diterapkan di fasilitas umum.

“Ini tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah dan polisi, tapi semua orang. Mari kita bekerja sama untuk memastikan orang benar-benar menikmati liburan mereka,” ajaknya.

Wiku juga menyampaikan bahwa saat ini PPKM Level 1 sedang dilaksanakan secara keseluruhan: “Ayo kita urus. Ini hari libur Nataru yang ketiga setelah pandemi Nataru sedikit berkurang, sekarang Nataru yang ketiga ini “Dengan modal awal Nataru, kasusnya sudah beres, jangan diperparah. Kalau kita sukses, berarti kita hebat,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button