Kabupaten Bandung Barat sedang membangun kota baru dengan total investasi Rp 10 triliun - WisataHits
Jawa Barat

Kabupaten Bandung Barat sedang membangun kota baru dengan total investasi Rp 10 triliun

BANDUNG BARAT, Lintasbabel.iNews.id – Kota Walini Baru di Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan segera dibangun oleh investor nasional. Total investasi proyek mencapai Rp 10 triliun. Investor akan membangun tempat wisata Taman Asia Afrika.

“Lahan di Walini yang digarap seluas 1.200 hektare. Konsepnya mirip dengan kawasan Kota Baru Parahyangan Padalarang. Ada tempat wisata dan tempat tinggal. Investasinya akan bertahap dan mencapai Rp 10 triliun,” kata Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, Jumat (12/2/2022).

Hengki mengungkapkan, karena lahan pertanian tersebut merupakan perkebunan teh, maka Pemkab KBB telah melakukan nota kesepahaman dengan PTPN. Saat ini, progres rencana investasi pembangunan Kota Baru Walini terus dituntaskan.

“Diharapkan akhir bulan ini sudah ada pernyataan awal. Kalaupun investor benar-benar siap untuk melakukan break ground, semuanya harus clear,” ujar Hengki Kurniawan.

Pemda KBB, kata Hengki, akan mengajukan joint development (comdev) dari investor, dan masih dalam tahap negosiasi. Seperti Comdev PLTA Cisokan Hulu di Rongga, Pemkab KBB menerima kompensasi untuk perbaikan jalan, tempat ibadah, lembaga pendidikan dan infrastruktur lainnya.

“Kami mengusulkan investor di Walini comdev senilai Rp 200 miliar. Jika disetujui, anggaran itu akan digunakan untuk perbaikan jalan di Cikalongwetan, Cipeundeuy, pembangunan ruang kelas dan lain-lain,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button