Saat Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta, wisatawan bisa melakukan vaksinasi Covid-19 di tempat ini - WisataHits
Yogyakarta

Saat Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta, wisatawan bisa melakukan vaksinasi Covid-19 di tempat ini

TEMPO.CO, jakarta – Yogyakarta diperkirakan menjadi salah satu daerah yang dibanjiri wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru. Guna mencegah kasus Covid-19 lebih lanjut, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyiapkan layanan vaksinasi Covid-19 di posko-posko kesehatan yang disediakan untuk menyambut libur akhir tahun.

“Rencananya kami akan membuka layanan vaksinasi di salah satu posko kesehatan. Satu poin saja,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani pada Jumat, 17 Desember 2022 di Yogyakarta.

Layanan vaksinasi akan dibuka di lokasi strategis, yakni di sekitar Kantor Pos Yogyakarta. Layanan akan dibuka secara terbatas mulai 23 Desember hingga 2 Januari 2023.

“Bisa mulai sore dari jam 16.00 WIB-19.00 WIB,” kata Emma.

Pelayanan vaksinasi dibuka pada sore hari untuk menjaga kualitas vaksin yang baik karena vaksin memerlukan penanganan khusus untuk menjaga kualitasnya. “Kami juga membatasi jumlah vial yang dibawa karena kami tidak dapat memastikan jumlah penduduk yang akan memiliki akses ke vial tersebut. Sekitar dua hingga tiga ampul sehari,” kata Emma.

Jumlah tersebut sudah dapat digunakan untuk melakukan vaksinasi ulang bagi sekitar 60 orang.

Pada libur lebaran kemarin, menurut Emma, ​​pelayanan vaksinasi Covid-19 di posko kesehatan juga dibuka dan mendapat respon yang baik dari wisatawan. “Saat itu banyak yang membutuhkan booster shot untuk memenuhi kebutuhan perjalanan, sehingga antusiasme masyarakat cukup tinggi, sedangkan untuk liburan akhir tahun ini permintaannya belum bisa kita prediksi,” ujarnya.

Posko kesehatan yang dibuka pada libur Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta ini dibuka di tiga titik, yakni Nol Kilometer Yogyakarta, Tempat Parkir Abu Bakar Ali, dan Tugu Peringatan Yogyakarta.

Meski kasus Covid-19 di Yogyakarta saat ini menurun, Emma berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. “Pasti akan banyak wisatawan yang berkunjung saat liburan akhir tahun. Hal ini cukup mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan peningkatan kasus,” ujarnya.

Baca juga: 5 ide wisata alam untuk natal dan tahun baru

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button