Mengenal mobil buggy, kendaraan yang digunakan Jokowi untuk mengantar delegasi makan siang KTT G20 - WisataHits
Jawa Tengah

Mengenal mobil buggy, kendaraan yang digunakan Jokowi untuk mengantar delegasi makan siang KTT G20

TEMPO.CO, jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai becak untuk mengantar sejumlah delegasi KTT G20 ke tempat makan siang di sela-sela rangkaian kegiatan. Jokowi akan mengendarai golf cart dari meeting point utama di Temple Ballroom, The Apurva Kempinski, menuju Ocean Front Lawn di Nusa Dua, Bali pada Selasa, 15 November 2022.

Mobil buggy merupakan kendaraan off road mini yang banyak digunakan atau disediakan di tempat wisata seperti Taman Safari Indonesia. Kendaraan ini juga dikenal sebagai kereta golf karena dirancang untuk membantu mobilitas di lapangan. Bentuknya seperti bajaj, namun mobil buggy memiliki roda yang rata. Selain itu, kendaraan ini biasanya tidak tertutup rapat. Meskipun sering ditemukan di luar jalan raya, bukan di jalan raya, penggunaan mobil buggy sebenarnya tidak didasarkan pada medan jalan raya.

Karena ukurannya yang kecil, bobot yang ringan, rangka yang kokoh, dan kemampuannya yang gesit untuk transportasi jarak pendek, mobil buggy banyak digunakan di luar jalan raya. Kelincahan kereta golf ini mampu bersaing dengan kendaraan off-road lainnya seperti Quad ATV atau Jeep. Saat ini mobil buggy sudah menjadi kendaraan ikonik untuk berkendara di medan. Jokowi, misalnya, sudah hobi melakukan pemeriksaan dengan mobil buggy saat menjadi Wali Kota Solo.

Baca: Jokowi Jadi Pengemudi Kereta Golf di KTT G20, Bos IMF Jadi Penumpang

Sejarah mobil buggy

Sejarah mobil buggy sebenarnya berawal dari kereta kuda yang sering digunakan sebagai kendaraan pribadi di Inggris dan Amerika Serikat. Kereta ini biasanya hanya memuat satu atau dua orang. Di Amerika, kereta kuda merupakan hal yang lumrah pada tahun 1870-an. Nenek moyang mobil buggy ini masih digunakan hingga abad ke-20. Menurut Britannica, kereta modern dengan mesin dibuat pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Ciri-ciri mobil buggy adalah tidak memiliki pintu, tidak memiliki bagasi, dan tidak memiliki jok belakang.

Fakta menariknya, ada mobil buggy yang mendarat di bulan. Namanya, Moon Buggy. Ini adalah julukan untuk Lunar Roving Vehicle yang digunakan di Bulan selama misi Apollo 15, Apollo 16, dan Apollo 17 dari program Apollo. Sebenarnya ada banyak nama mobil buggy di luar sana. Tergantung kapan dan dimana atau seperti apa bentuk dan fungsinya. Di Kanada ada mobil yang ditarik kuda, kendaraan ini disebut Bennett buggy. Ada juga dune buggy yang digunakan di bukit pasir dan rock buggy untuk area berbatu. Tentu masih banyak varian mobil buggy lainnya.

Indonesia bahkan membuat mobil buggy yang dibawakan oleh PT. Solo Manufactory Kreasi atau Esemka pada tahun 2012. Kendaraan mini tersebut diberi nama Mobil Buggy ABCD atau dikenal juga dengan Bandung Anak Cinta Damai. Sang Pencipta adalah seorang mahasiswa di Jalan Klintingan Bandung. Ide pembuatan mobil buggy datang dari guru, alumni, kepala sekolah dan orang tua siswa pada tahun 2009. Mobil buggy ini berkapasitas 1.500 cc dengan empat silinder. Mesinnya berasal dari mobil bekas Toyota Vios yang didatangkan dari Singapura seharga Rp 18 juta. pada tahun 2015,

HENDRIK KHOIRUL MUHID

Baca juga: Presiden Jokowi Sering Berkendara Lewat Puri Golf Cart

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button