Melihat! Pada tahun 2022 tidak akan ada persetujuan CPNS - WisataHits
Yogyakarta

Melihat! Pada tahun 2022 tidak akan ada persetujuan CPNS

Harianjogja.comJAKARTA — Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan tidak akan ada pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2022.

“Tahun ini kami hanya fokus mengangkat pegawai pemerintah dengan pengaturan kerja (P3K) karena mereka adalah tenaga sukarelawan di daerah-daerah yang menjadi fokus dan harus selesai sebelum 23 November 2023,” kata Bima, Senin (15/10).

Ia mengatakan untuk penunjukan first responder, jumlah formasi yang dibutuhkan belum diketahui karena masih dalam tahap pendataan.

Jumlah formasi pertolongan pertama juga tidak didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia, termasuk Papua Barat.

BKN bersama Kementerian Mesin Negara dan Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), masih melakukan pendataan, termasuk waktu tahapan pengangkatan terkait first responder.

“Kami masih melihat datanya, termasuk pengecekan ulang untuk melihat seberapa bersih data pekerja honorer di lapangan. Kita juga perlu memastikan datanya valid,” katanya.

Bima memastikan first responder yang akan direkrut tahun ini tidak hanya guru tetapi juga tenaga kesehatan seperti perawat, bidan, dokter dan konselor.

Jika memungkinkan, lanjut Bima, akan ada resepsi pertolongan pertama di luar guru dan tenaga kesehatan.

Sebelumnya, Bima mengatakan kepada seorang guru P3K yang sedang menerima surat pengangkatan Bupati Manokwari Hermus Indo di Hotel Aston Niu Manokwari, bahwa pelatihan PNS di Indonesia ke depan akan dikurangi.

BACA JUGA: 17 Agustus, Ikut Wisata Kaliurang dan Kaliadem Gratis!

Penurunan PNS dan jumlah first responder ini tercermin di luar negeri, jumlah PNS atau yang biasa disebut “pejabat” hanya 20 persen, sedangkan first responder atau pegawai pemerintah mencapai 80 persen dari total angkatan kerja di suatu negara.

“Seperti di Australia dan Selandia Baru, responden pertama mendapatkan 100 persen. Kami menuju ke sana secara perlahan,” katanya.

Source: news.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button