Target PAD untuk sektor pariwisata di Kabupaten Bantul sulit tercapai - WisataHits
Yogyakarta

Target PAD untuk sektor pariwisata di Kabupaten Bantul sulit tercapai

Target PAD untuk sektor pariwisata di Kabupaten Bantul sulit tercapai

tanpa judul

TOLONG – Kunjungan wisatawan ke kawasan Parangtritis dan sekitarnya diperkirakan akan meningkat pada akhir tahun 2022 dibandingkan sebelumnya. Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bantul telah menetapkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata pada tahun 2015 mencapai Rp 32 miliar.

Menurut data Dinas Pariwisata Bantul, pendapatan baru mencapai Rp22,8 miliar hingga Oktober 2022.

“Kami realistis, sulit mencapai target akhir tahun ini. Kami memprediksi itu. Perhitungan kami Rp 28 miliar,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo SSos MM, Senin (31/10/2022).

Dengan dua bulan tersisa pada November dan Desember, akan cukup sulit mengejar defisit lebih dari 9 miliar rupee. Tidak dapat disangkal bahwa kondisi saat ini sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan dengan 2 tahun terakhir. Namun, sektor pariwisata membutuhkan waktu untuk pulih sepenuhnya. Artinya, sektor pariwisata belum sepenuhnya pulih saat ini.

Tahun depan target Pemkab Bantul masih sama dari sektor pariwisata yakni Rp 32 miliar. Harapannya, target yang meleset tahun ini bisa ditutupi dengan pencapaian tahun depan. “Karena belum sepenuhnya pulih, kami tidak berani berspekulasi soal kenaikan target PAD di sektor pariwisata,” katanya.

Koordinator TPR Parangtritis Rohmat Riswanto menjelaskan, kunjungan wisatawan tahun ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Rombongan turis pelajar terus berdatangan, meski belum sepenuhnya pulih.

“Sebagai gambaran, libur Satu Sura kemarin masih cukup padat. Tapi tidak bisa seramai dulu,” katanya. (Roy)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button