Gubernur Kepri berharap Tour de Bintan bisa mengembalikan kunjungan wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Gubernur Kepri berharap Tour de Bintan bisa mengembalikan kunjungan wisatawan

TEMPO.CO, Batam – Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta agar ada acara Tour de Bintan Tahun ini akan merevitalisasi perekonomian dan memaksimalkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepulauan Riau, khususnya Kabupaten Bintan. “Semoga bisa kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Apalagi kalau bisa,” kata Ansar saat menyaksikan Tour de Bintan pada Sabtu 15 Oktober 2022.

Menurut Ansar, keinginan bepergian sudah lama tertahan. “Kami dekat dengan Singapura dan Malaysia. Saya rasa banyak orang dari kedua negara yang ingin datang ke sini.”

Tour de Bintan edisi 2022 akan berlangsung selama 3 hari dari 14 hingga 16 Oktober 2022. Sebanyak 481 pesepeda dari 33 negara mengikuti 5 kelas yang digelar. Pesaing dibagi menjadi 125 peserta time trial 17 km individu, 142 82 km pesaing Gran Fondo Challenge, 78 52 km pesaing Grand Fondo Discovery, 310 142 km pesaing Gran Fondo Classic dan 193 112 km pesaing Gran Fondo Century. Pesaing yang lolos bisa mengikuti ajang balap sepeda internasional lanjutan, yakni UCI Gran Fondo World Championship yang akan digelar di Glasgow, Skotlandia pada Agustus 2023.

Roby Kurniawan, Bupati Bintan mengatakan: Tour de Bintan bukan hanya sekedar kompetisi tetapi langkah awal untuk menghidupkan kembali pariwisata Bintan. “Ini merupakan kesempatan bagi Pemerintah Kabupaten Bintan dan Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi, serta seluruh Pentahelix Wisata Kabupaten Bintan, untuk menyampaikan kepada dunia bahwa Kabupaten Bintan siap, aman dan layak dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun lokal menjadi wisatawan internasional lebih cepat pulih dan kembali lebih kuat,” kata Roby.

Tidak hanya dari sisi pariwisata, adanya event internasional Tour de Bintan juga membangkitkan semangat perekonomian masyarakat kota khususnya UMKM Bintan. Demikian disampaikan Ketua TP-PKK dan Kepala Dekranasda Kepri, Dewi Kumalasari Ansar.

Menurut Dewi Ansar, UKM makanan dan kerajinan di Bintan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk memasarkan produknya kepada para atlet dan turis asing yang datang saat Tour de Bintan. “Semoga setelah dua tahun vakum karena pandemi COVID-19, semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

Tour de Bintan adalah salah satu acara bersepeda terbesar di Asia dan bagian dari L’Union Cycliste Internationale (UCI) Grand Fondo World Series. Acara tersebut kembali digelar tahun ini setelah sempat tertunda selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19. Acara tahun ini juga menandai 10 tahun Tour de Bintan.

Dewi Ansar meyakini Tour de Bintan akan menjadi pemicu sektor pariwisata di Bintan kembali berjaya pasca lonjakan kasus aktif COVID-19. “Sektor pariwisata merupakan inti pendapatan Bintan, sehingga perlu dikembangkan secara serius,” tegasnya.

Dewi Kumalasari Ansar dan Bupati Bintan Roby Kurniawan secara bergantian melepas pesaing Gran Fondo Klasik Gelombang I dan II di garis start di Terminal Tri Sri Buana, Simpang Lagoi, Bintan pada Sabtu 15 Oktober 2022.

YOGI EKA SAHPUTRA

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram http://tempo.co/. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button