Melalui sport tourism, Sandiaga menargetkan 7,4 juta kunjungan wisman pada 2023 - WisataHits
Yogyakarta

Melalui sport tourism, Sandiaga menargetkan 7,4 juta kunjungan wisman pada 2023

Melalui sport tourism, Sandiaga menargetkan 7,4 juta kunjungan wisman pada 2023

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia melalui wisata olahraga (sport tourism).

Menurut Sandiaga, hal itu sejalan dengan Indonesia menjadi tuan rumah dan menggelar berbagai event olahraga kelas dunia.

“Tahun ini targetnya 7,4 (juta) wisman. Jadi salah satu strateginya adalah menggelar ajang kelas dunia di tingkat internasional,” kata Menparekraf dalam keterangan resminya, Rabu (25/01/2023).

Salah satu event yang akan berlangsung pada akhir Februari nanti adalah F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara.

Menurut Menparekraf, acara tersebut akan meningkatkan jumlah wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah.

“Ini tentu sudah disiapkan, semoga lancar dan menarik 25.000 wisatawan, mendongkrak ekonomi lokal di negara Toba,” kata Sandiaga.

Selain itu, Indonesia juga akan menjadi salah satu tuan rumah FIBA ​​World Cup 2023 yang diikuti oleh 8 negara. Lalu ada Piala Dunia U20 FIFA.

“Jelas mengangkat citra Indonesia sebagai negara yang mampu menjadi tuan rumah turnamen internasional,” kata Sandiaga.

Terkait target pariwisata yang ingin dicapai dengan adanya Piala Dunia U-20, Menparekraf mengatakan jajarannya masih melakukan kalkulasi yang matang. Mulai dari penciptaan, anggaran yang dikeluarkan, hingga tujuan perolehan devisa.

“Jadi kami akan menghitungnya dengan sangat hati-hati agar anggaran itu tepat sasaran dan dibelanjakan dengan manfaat yang tepat,” katanya.

Ia memperkirakan penyelenggaraan sport tourism akan menarik hingga 100-120 ribu wisatawan. Namun, angka tersebut akan terus berfluktuasi tergantung dari jumlah permainan yang akan dimainkan.

“Total devisa yang diterima diperkirakan US$5,9 miliar. Dari sport tourism ini kita targetkan bisa sampai $500 juta,” kata Sandi.

Acara lainnya adalah ANOC World Beach Games yang diadakan di Bali pada bulan Agustus. Acara tersebut akan mengundang 205 negara dari seluruh dunia dan bertujuan untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan industri kreatif.

Selain menyelenggarakan sport tourism, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum.

Menparekraf mengaku telah mengundang Presiden Joko Widodo untuk membuka langsung acara yang akan digelar di Yogyakarta pada 3 Februari mendatang.

Menurut dia, persiapan acara yang membahas isu dan potensi pariwisata di kawasan ASEAN itu sudah 97 persen rampung.

“Persiapan sudah kita selesaikan semua, hampir semua menteri akan hadir dan kita harapkan dapat memberikan kontribusi ekonomi sekitar $100 juta untuk pemulihan pariwisata dan industri kreatif di destinasi prioritas Borobudur,” ujarnya. kata Sandy. (di)

Maaf, telah terjadi kesalahan YouTube.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button