Mengenal 2 jembatan di Indonesia yang termasuk dalam 10 jembatan terpanjang di Asia Tenggara - WisataHits
Jawa Timur

Mengenal 2 jembatan di Indonesia yang termasuk dalam 10 jembatan terpanjang di Asia Tenggara

WAKTU INDONESIA, JAKARTA – Banyaknya wilayah di Indonesia seringkali mengakibatkan penduduk mengalami kesulitan dalam mobilitas dari satu daerah ke daerah lain. Namun keberadaan jembatan di Indonesia yang menghubungkan dua wilayah atau lebih menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Beberapa jembatan yang dibangun di Indonesia juga memiliki jarak yang terkadang jauh tergantung daerah yang akan disambungkan.

Asia Tenggara sendiri mencantumkan Jembatan Sultan Haji Omar Ali Saifuddien sebagai jembatan terpanjang dengan panjang 30km di Brunei Darussalam.

Menurut Future South East Asia, Indonesia memiliki dua jembatan terpanjang di Asia Tenggara, yaitu Tol Bali Mandara yang berada di peringkat ke-5, dan Jembatan Suramadu di peringkat ke-10. Informasi lebih lanjut tentang 2 jembatan dapat ditemukan di sini.

1. Tol Bali Mandara

Tol-Bali-Mandara.jpgKeindahan Jalan Tol Bali Mandara, Jembatan Terpanjang ke-5 di Asia Tenggara (FOTO: BPJT)

Jembatan yang memiliki panjang 12,7 km ini merupakan jalan tol terapung pertama di Indonesia yang terletak di Bali. Meski banyak yang mengira jalan tol ini merupakan yang kedua di Indonesia setelah Jembatan Suramadu.

Daerah yang terhubung dengan jembatan ini adalah Pelabuhan Benoa di Kota Denpasar, Bandara Internasional Ngurah Rai dan kawasan Nusa Dua. Setelah diresmikan oleh Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tahun 2013, jembatan ini dibuka untuk umum.

Seperti dilansir Balipedia, pembangunan jembatan ini cukup cepat dan menghormati alam secara maksimal. Konstruksi dimulai pada Maret 2012 ketika terpaksa menebang beberapa tanaman bakau. Namun, dengan cepat selesai pada Mei 2013 dengan penanaman kembali 16.000 pohon bakau.

2. Jembatan Suramadu

Jembatan-Suramadu890e2d97802cbfd8.jpgJembatan Suramadu, Jembatan Terkenal di Jawa Timur (FOTO: DOC. POP! HOTEL)

Ikon daerah Jawa Timur ini juga diresmikan oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tahun 2009. Saat itu, jembatan ini diprediksi menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438 meter.

Seperti namanya, jembatan ini merupakan penghubung antara pulau Jawa yaitu Surabaya dan Madura di pulau Madura. Jembatan ini juga bermanfaat bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Madura untuk memanfaatkan potensi wisata yang ditawarkan.

Menurut situs pariwisata Madura, jembatan stabil ini memiliki tiga bagian penting, yaitu jembatan utama, jembatan layang, dan jembatan penghubung. Total pengeluaran untuk pembangunan jembatan ini diperkirakan lebih dari 4,5 triliun rupiah.

Inilah 2 jembatan di Indonesia yang tercatat sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara yaitu Tol Bali Mandara dan Jembatan Suramadu di Jawa Timur. (*)

**) Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button