Atraksi Rancakalong Geo Theatre, bisa belajar budaya sunda memetik sayur - WisataHits
Jawa Barat

Atraksi Rancakalong Geo Theatre, bisa belajar budaya sunda memetik sayur

Atraksi Rancakalong Geo Theatre, bisa belajar budaya sunda memetik sayur

Merdeka.com – Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ditandai dengan slogan “Puseur Budaya Sunda”. Hal ini dikarenakan masih banyak keunikan budaya dan tradisi leluhur yang masih dipertahankan dan dilestarikan oleh masyarakatnya. Geo Theater Rancakalong adalah tempat yang nyaman untuk belajar kearifan lokal.

Berlokasi di Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong, Geo Park Rancakalong bisa dijadikan destinasi wisata keluarga karena memiliki berbagai atraksi. Bahkan, baru-baru ini ada wisata petik sayuran yang sayang untuk dilewatkan.

Artikel media Taboola

Ada beragam sayuran yang bisa dibeli pengunjung karena para petani di sana langsung menjual hasil panennya.

“Keberadaan Geo-Theater meningkatkan pendapatan petani. Kami bisa menjual hasil tani kami langsung ke pengunjung, jadi tidak harus ke tengkulak atau pasar,” kata anggota kelompok tani Muara Sugih di Desa Sukamaju, Rancakalong, Kandi, Selasa (1/10), di Kabupaten Sumedang. Website pemerintah dikutip mengatakan.

2 dari 4 halaman

Bisa petik cabe, tomat dan terong

Geo teater rancakalong

©2023 Kabupaten Sumedang Website/Merdeka.com

Ada beberapa tanaman palawija yang ditanam petani setempat seperti cabai, tomat, dan terung. Hasil panen pun langsung ludes diborong pengunjung Geotheater Rancakalong.

Karena pengunjung bisa mendapatkan sayuran berkualitas segar dan murah karena bersumber langsung dari petani. Lahannya sendiri digarap oleh tiga desa yaitu Sukamaju, Sukahayu dan Pamekaran.

“Kemarin juga susah beli banyak, saya siapkan tomat 50 kilo. Harganya juga kompetitif jadi Rp 10.000, kalau ke kota Rp 2.000,” ujarnya lagi.

3 dari 4 halaman

Ada produk UMKM

Geo teater rancakalong

©2023 Kabupaten Sumedang Website/Merdeka.com

Selain sayur dan buah, kawasan Geo Park Rancakalong juga menawarkan produk unggulan UMKM masyarakat kawasan Kabupaten Sumedang.

Nantinya, stand-stand di sana akan didesain lebih jelas dan nyaman bagi pengunjung.

“Nanti PKL juga akan ditata dan disediakan tempat. Geo-Theater ini harus bisa meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk para pelaku UMKM,” ujar Dony Ahmad Munir, Bupati Sumedang.

Fasilitas ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat karena pengunjung berduyun-duyun mengunjungi wisata budaya pada saat liburan dan akhir pekan.

4 dari 4 halaman

Pertunjukan pertunjukan asli Sumedang

Dony menambahkan Geo Park menampilkan berbagai pertunjukan kesenian khas Sumedang dan Jawa Barat, seperti tarawangsa, kuda renggong, tari umbul, dan celempung.

Ia kemudian meminta agar pertunjukan tersebut diadakan setiap hari untuk membangkitkan minat berkunjung masyarakat.

“Saya minta agar ada kegiatan di geo theater ini setiap hari. Nanti akan ditampilkan berbagai atraksi seni budaya Sumedang yang tentunya menjadi kewajiban kita untuk melestarikannya,” kata bupati.

Pemkab Sumedang bangga karena gedung prestasi budaya ini didukung oleh Pemprov Jabar. Diharapkan situs ini dapat dilestarikan dengan sebaik-baiknya.

(mdk/nrd)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Pasal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button