Seblak Rafael Garut buatan Cobek ini bikin ketagihan - WisataHits
Jawa Barat

Seblak Rafael Garut buatan Cobek ini bikin ketagihan

Seblak Rafael Garut buatan Cobek ini bikin ketagihan

Seblak Rafael Garut membuat DiCoet ketagihan. Saya tidak pernah berpikir bahwa Rafael Tan dari SMASH akan benar-benar menjadi duta tunggal di dunia maya. Duta Seblak yang lagi viral banget. Konten tersebut membuat penonton penasaran dan ketagihan untuk menonton Seblak di TikTok. Menariknya, banyak orang yang sudah melakukannya dan penasaran ingin mencobanya sendiri.

Seblak adalah makanan khas Sunda dari daerah Parahyangan. Rasanya yang hangat dan pedas membuat Anda ingin mengoleksinya! Bahan utamanya adalah kerupuk yang dicampur dengan bawang putih dan kencur. Membuatnya terasa cepat dan lezat.

Seblak mulai booming di Bandung sekitar tahun 2000-an, namun konon kuliner serupa sudah ada di Garut dan Cianjur Selatan sejak zaman dulu. Bahkan sebelum era kemerdekaan. Namanya Kurupuk Leor yang teksturnya sangat lembut. Nah, Seblak Rafael terutama identik dengan lesungnya

Seblak Garut Cobek Ala Rafael Tan

Seblak bisa disajikan dengan banyak variasi topping, kuahnya kental dan rasanya pedas. Namun ternyata seblak asli Garut ini diolah dengan cara yang berbeda.

Seblak yang diperlihatkan oleh Rafael Tan sebenarnya hanya menggunakan satu jenis kerupuk. Bumbunya juga basic, hanya bawang putih, cabe rawit dan kencur (cikur). Semua bumbu ditumbuk halus dalam lesung lalu disiram dengan minyak panas.

Setelah bumbunya siap, kerupuk yang sudah matang ditambahkan. Kemudian aduk rata dan makanlah dengan senang hati. Inilah yang membuat Rafael viral dengan tingkahnya yang ceria, lucu, dan santai.

Rafael tidak hanya membuat kerupuk, tapi juga mie seblak goreng

Selain Seblak Cobek, Rafael ternyata bisa memasak varian resep mie goreng. Jadilah Seblak Mie Goeng. Sekarang ini menjadi menu pokok setelah Coet. Mie gorengnya memang terlihat menggoda, apalagi jika dipadukan dengan racikan bumbu Seblak yang gurih dan beraroma.

Refael dengan cermat mengulas jajanan khas Sunda

Selain itu, Rafael Tan SM*SH juga menulis review Seblak tentang jajanan lainnya seperti telur gulung, bacil hingga cilor. Camilan Jawa Barat yang populer bernama Bacil. Bacil singkatan dari bakso kecil, bentuknya seperti burung merak tapi ukurannya lebih kecil lho.

Nah Rafael share momennya sama Bacil dan langsung viral gan! Untuk membuat Bacil sendiri, kamu perlu mencampurkan tepung tapioka dengan tepung terigu lalu campurkan dengan air panas. Setelah itu Bacil disajikan dengan bumbu pedas bawang putih, kencur dan cabai merah. Bacilnya dimasak dengan bumbu tersebut.

Bahkan, resep Seblak Coet ala Rafael Tan alias Rafael Landry Tanubrata sempat viral. Menariknya, hal ini berdampak langsung pada ketersediaan Kerupuk Mawar Putih di beberapa lokasi di Kabupaten Garut! Akibatnya, lauk yang terbuat dari adonan tepung tapioka ini tidak lagi tersedia secara komersial.

Eh, Rafael tahu keluhan tentang kekurangan kerupuk mawar putih. Kisah itu ia ceritakan dalam video TikTok @rafaell_1616 sambil makan bumbu pempek seblak di lesung. Artis kelahiran Garut ini mendengar cerita dari ibunya yang mengatakan kerupuk mawar putih sulit ditemukan.

Artikel menarik lainnya: Tempat liburan Camping Ground Muara Jambu dan wisata camping di Subang

Alamat Seblak Rafael Garut

Lokasi Seblak Rafael Garut berada di Jalan OTISTA No. 277 TAROGONG GARUT (Depan Kampus STIE YASA ANGGANA). Namun penonton tidak hanya sekedar ingin membeli seblak buatannya.

Saya tidak penasaran dengan alamat Geprek Rafael, tapi netizen malah penasaran dengan resep Seblak Rafael Tan yang katanya enak banget. Hingga saya ingin mencoba membuat makanan yang hits ini di rumah. Terutama para penggemar Rafael Tan.

Seblak Coet, konten ala Rafael memancing netizen membuat akun Blue Tick. Viral gila-gilaan hingga Seblak Co├ęt Mamang Rafael menjadi salah satu menu andalan kuliner Geprek Rafael di Garut, Jawa Barat. Yang lebih lucu lagi, netizen bahkan menyebut Rafael sebagai duta Seblak. Tertarik untuk mencobanya seblak Rafael?

Artikel menarik lainnya: Wisata Lahan Samping Kaduela Kuningan – Destinasi Seru Dengan Pemandangan Gunung Ciremai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button