Pantai Palangpang, destinasi wisata yang berkelok-kelok - WisataHits
Jawa Barat

Pantai Palangpang, destinasi wisata yang berkelok-kelok

Pantai Palangpang yang terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, kini sedang berkembang.

INI ADALAH KORANPantai Bandung-Palangpang yang terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi kini sedang berkembang.

Pantai yang masuk dalam zona utama UNESCO Global Geopark (UGG) ini kini semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara sejak ditetapkan sebagai Global Earth Park oleh UNESCO pada April 2018.

“Alhamdulillah sejak 2018, perekonomian terus membaik di sini, masyarakat merasa pengunjung yang datang semakin banyak,” kata pengurus Himpunan Pemandu Indonesia (HPI) Kabupaten Sukabumi Mudrika di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/8/2018). . /2022).

Baca juga: Wabup Helmi Minta Sekolah Larang Siswa Makan Jajan Dipinggir Jalan Agar Tidak Tertabrak Mobil

Menurut Mudrika, ada sekitar 2.000 kamar untuk wisatawan sejauh ini, terdiri dari hotel, bungalow, dan homestay.

“Ada lebih banyak keluarga angkat di sini. Sebagian besar pemiliknya adalah mantan pekerja migran yang kini mengelola keluarga angkat. Pendapatan mereka sebenarnya lebih tinggi dari pekerja migran,” katanya.

Selain itu, para nelayan yang dulu hanya mengandalkan nelayan kini juga memiliki usaha sampingan berupa menyewakan perahu wisata untuk menuju pantai berpasir putih.

Baca juga: Garut Selatan Punya Pariwisata Unggulan, Jadi Potensinya Perlu Dikembangkan

Namun, Mudrika juga mengatakan masih banyak hal yang perlu dibenahi, khususnya di kawasan Pantai Palangpang, antara lain fasilitas sanitasi umum seperti toilet yang memadai dan infrastruktur lainnya.

“Khususnya masalah sampah di kawasan pantai, kami tidak memiliki alat berat untuk membersihkan sampah karena sebagian besar sampahnya berasal dari laut. Sampah kecil masih bisa dibersihkan secara manual,” jelas Mudrika.

Hal senada dikatakan salah satu pengunjung Yanto (39) asal Tangerang. Menurutnya, perlu lebih banyak toilet umum, pemeliharaan jalan, dan perantara pedagang.

Baca Juga: Kerusuhan Atas Jenazah Tertutup Garut Terungkap, Ternyata Pengangkut Batununggal Tewas Oleh Sopirnya Sendiri

“Yang lain bagus ya jalan masuk sini lancar juga, tinggal perawatan saja,” ujarnya.

Yanto terpukau dengan keindahan Pantai Palangpang yang merupakan kunjungan pertamanya.

“Harapannya lebih banyak perhatian diberikan kepada lembaga-lembaga pendukung. Saya yakin ini akan menjadi tujuan wisata populer di masa depan,” pungkasnya.

Baca Juga: Cara PTPN VIII Meningkatkan Produktivitas Kelapa Sawit

Sementara itu, Palangpang akan menjadi titik awal kegiatan bertajuk Cycling De Jabar yang akan dilaksanakan pada 27-28 Agustus 2022.

Kegiatan sport tourism ini merupakan yang pertama kali ada kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat, harian Kompas dan Bank Jabar Banten (BJB).

Peserta atau pesepeda dalam De Jabar Cycling Event akan melihat indahnya panorama Jawa Barat Daya melalui rute sepanjang 320 kilometer, dari start point di Pantai Palangpang, Kabupaten Sukabumi, hingga finish di Kabupaten Pangandaran.***

Baca Juga: Ketua RW Astanaanyar Ditangkap, Ternyata Diburu dari PN Garut

Penerbit: Jaka Permana

Source: www.inilahkoran.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button