Jika ingin mencoba wisata river tubing di Jawa Barat, berikut tiga rekomendasinya - WisataHits
Jawa Barat

Jika ingin mencoba wisata river tubing di Jawa Barat, berikut tiga rekomendasinya

Bandung (ANTARA) –

Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) memperkenalkan tiga atraksi river tubing atau sejenis wisata arung jeram, namun dilakukan dengan satu kali mengikuti alur sungai yang lebih tenang dan santai.

“Wisatawan ingin mencoba arung jeram tapi takut melihat derasnya arus sungai. Mungkin mereka bisa mencoba river tubing. Jabar sendiri punya tiga rekomendasi spot river tubing untuk dicoba wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar di Bandung, Kamis. .

River tubing, kata Benny, sebenarnya merupakan olahraga air yang tidak jauh berbeda dengan arung jeram, namun bedanya arung jeram dilakukan secara berkelompok di atas perahu karet di sungai yang arusnya deras.

“Sementara, river tubing dilakukan dengan membuat setiap tabung mengikuti aliran sungai yang lebih tenang dan santai. Karena itu, river tubing dinilai lebih aman, namun sensasinya tidak kalah asyiknya dengan arung jeram,” ujarnya.

Tersenyum Tiga objek wisata river tubing Jawa Barat yang direkomendasikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat adalah Sungai Ciherang di Purwakarta, tepatnya di desa Tanjaknangsi, Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Tempat wisata ini bisa menjadi “jalur pelarian” bagi wisatawan di akhir pekan.

“Siapkan stamina dan fisik yang kuat karena river tubing di sini bisa bertahan sekitar 2,5 jam untuk menempuh jarak 4,5 kilometer,” ujarnya.

Pemandu wisata Petualangan Sungai Ngamprak akan memandu Anda secara profesional dan wisatawan akan diberikan helm dan jaket pelampung sebelum petualangan.

Untuk merasakan sensasi dataran tinggi Purwakarta di Sungai Ciherang, wisatawan bisa merogoh kocek sekitar 120.000 rupiah.

Ada juga penginapan dan tempat makan Sate Maranggi, masakan khas Purwakarta.

Atraksi river tubing kedua terletak di Sungai Santirah Pangandaran di Kabupaten Pangandaran.

Akses menuju Santirah hanya berjarak 13 kilometer dari pusat kota Pangandaran dengan perkiraan waktu tempuh 35 menit berkendara dan lokasi tepatnya berada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Tak hanya relief karst, air terjun yang meluncur dari kanan kiri menambah keseruan river tubing di Santirah.

Trek sepanjang 1,5 kilometer di Sungai Santirah ini juga dihiasi caving yang cukup panjang dan gelap.

Harga River tubing berkisar antara Rp100.000 hingga Rp135.000 per orang untuk rombongan minimal 10 orang.

Harga sudah termasuk guide, tiket tour, parkir, perlengkapan river tubing, asuransi, makanan dari Nasi Liwet, dan dokumentasi.

Atraksi river tubing ketiga terletak di Sungai Cikuluwung, Bogor, di Jalan Gunung Menir, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Lokasi ini memiliki paket river tubing anak. River Tubing Fun Ride hanya berjarak sekitar 100 meter untuk dua putaran dengan biaya sekitar Rs 55.000 per orang.

Untuk orang dewasa, Adventure Ride River Tubing biayanya sekitar 127.000 rupee per orang dengan minimal enam peserta.

Source: jabar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button