8 Destinasi Ramah Lingkungan di Indonesia yang Cocok untuk Wisatawan Ramah Lingkungan: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

8 Destinasi Ramah Lingkungan di Indonesia yang Cocok untuk Wisatawan Ramah Lingkungan: Okezone Travel

JIKA Anda muak dengan lingkungan kota yang penuh kemacetan dan polusi udara, sebaiknya anda pergi ke tempat yang bagus dan udara yang sejuk. Tidak jarang destinasi pariwisata menimbulkan banyak kerusakan pada manusia dan alam.

Tak perlu bingung, berikut delapan rekomendasi destinasi wisata ramah lingkungan dan yang pasti alamnya sangat terjaga kelestariannya.

Piring Menjangan

Dikenal tidak hanya sebagai pusat wisata budaya dan pantainya, tetapi juga Plataran Menjangan Resort yang terletak di Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terbaik di Banda Neira, Potongan Surga di Indonesia Timur

Kawasan tersebut terdiri dari hutan lindung seluas 382 hektar dan dihuni oleh 175 tumbuhan dan 167 satwa. Tempat ini telah diakui sebagai World Top Safari Stay oleh Tripadvisor Travellers Choice Awards 2021.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau Africa Van Java, karena pada musim panas panoramanya terlihat mirip dengan daratan Afrika. Taman ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Mencakup area seluas 25.000 hektar, tidak hanya terdapat hutan belantara, tetapi juga kawasan Taman Baluran, yang dijadikan sebagai tempat perlindungan alam berupa hutan lindung. Dengan permukaan utama berupa padang rumput yang sangat luas.

BACA JUGA:Department store wanita cantik, 5 daerah di Indonesia ini jadi destinasi wisata populer bule yang mencari jodoh

Luas sabana mencapai sepertiga dari total luas 10.000 hektar taman nasional, menjadikannya sabana terluas di pulau Jawa. Tidak hanya hutan di tempat ini yang merusak pemandangan pantai berpasir putih bernama Pantai Bama yang sangat indah, uniknya pantai ini menjadi rumah bagi sekawanan kera ekor panjang.

Peramun Hills, Kepulauan Bangka Belitung

Bukit Peramun terletak di Desa Air Selumar di Kepulauan Bangka Belitung. Berbagai jenis tumbuhan membuat keindahan alamnya semakin terasa. Anda bisa menikmatinya dengan berfoto dan menyaksikan sunset yang sangat indah.

Lingkungan yang bersih dan tertata rapi dikelola dengan baik oleh penduduk setempat, dan aturan pengunjung dibatasi untuk menjaga keindahan alam.

ilustrasi

Bukit Peramun (Portal MNC)

Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai Tiga Warna terletak di kecamatan Sumbermanjing Wetan di pantai selatan Jawa di wilayah Malang. Keindahan pantai yang memiliki tiga warna berbeda ini merupakan bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC) atau sebagai Kawasan Konservasi Mangrove dan Terumbu Karang.

Tak heran jika pantai ini juga menawarkan beberapa program konservasi seperti penanaman mangrove, pemasangan terumbu karang buatan, transplantasi terumbu karang dan pendidikan kelautan untuk anak-anak.

Baca juga: 3 cara mudah mengirim uang ke luar negeri

Tanjung Ringgit. Lombok

Tanjung Ringgit terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Lombok Tenggara. Tempat ini dikenal sebagai keindahan alam yang ramah lingkungan. Ada pantai berpasir putih, tebing kapur yang dramatis, air laut yang menenangkan dan Anda bisa snorkeling untuk melihat kehidupan laut yang masih asli.

Beberapa tempat tersebut dijadikan sebagai ekowisata, hutan dan lahan pertanian menjadikan tempat ini ramah lingkungan. Pemerintah dan masyarakat juga bahu-membahu melestarikan Tanjung Ringgit.

Taman Nasional Path Kambas

Taman Nasional Way Kambas terletak di Lampung dan meliputi area seluas 125.000 hektar. Taman nasional pertama dan tertua ini merupakan suaka gajah sumatera.

Anda dapat mengunjungi taman ini bersama anak-anak Anda, tempat ini tidak hanya sebagai tempat liburan, tetapi juga dapat digunakan sebagai pendidikan untuk memahami cara menjaga alam dan mencintai hewan.

Desa Les

Les Village populer digunakan untuk ekowisata dan budaya. Situs ini terletak di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali. Terdapat 51 desa pesisir di sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng, tentunya banyak sekali sumber daya laut yang mereka miliki.

ilustrasi

Tempat ini juga dikenal sebagai penyelamat terumbu karang. Keindahan terumbu karang membuat tempat ini sering dikunjungi oleh berbagai jenis ikan cantik yang menghiasinya.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Semenanjung Barat di Kalimantan Tengah. Memiliki luas 415.040 hektar yang digunakan sebagai rumah alami dengan populasi orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) yang dilindungi dan dilestarikan terbesar.

Tak hanya itu, Taman Nasional Tanjung Puting juga menjadi daya tarik wisata karena merupakan rumah bagi hutan hujan tropis tertua di dunia.

Ribuan keanekaragaman hayati flora dan fauna menghiasi keindahan alamnya, yang membuat taman ini meraih medali perak dalam Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2018.

Maka datanglah ke tempat ini karena pesona dan alamnya yang eksotis tidak perlu diragukan lagi.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button