Lokasi, fasilitas dan wisata di daerah - WisataHits
Jawa Barat

Lokasi, fasilitas dan wisata di daerah

Jakarta, CNNIndonesia

Alun-alun Bandung merupakan salah satu destinasi wisata Kota Kembang yang sayang untuk dilewatkan.

Meminjam dari KBBI, alun-alun berarti alun-alun besar di depan istana atau rumah dinas bupati, dan seterusnya. Sebab, alun-alun yang satu ini berada di pusat pemerintahan kota bandung.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Taman kota ini sudah ada sejak abad ke-19. Meskipun demikian, tempat di kota Bandung terus mengalami perubahan dan renovasi.

Terakhir, sekitar tahun 2018, Pemkot Bandung merenovasi alun-alun dengan mengutamakan fungsinya. Area tersebut juga dilengkapi dengan rumput buatan dan taman bermain anak-anak.

Alun-alun Bandung memang menjadi destinasi populer baik bagi penduduk lokal maupun luar kota. Selain tamannya yang unik, tempat ini juga dikelilingi oleh pedagang kaki lima yang menjajakan aneka jajanan ramah kantong.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut informasi destinasi wisata Kota Kembang di Alun-alun Bandung.

Lokasi Alun-alun Bandung

Sebagai salah satu ikon di Paris van Java, alun-alun ini terletak di Jalan Asia Afrika, Balongede, Kecamatan Regol, Bandung, Jawa Barat.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum seperti bus DAMRI yang berhenti di halte Plaza.

Angkutan umum menuju Stasiun Kereta Hall-Gedeg Bage, Kebon Kelapa-Buah Batu, Elang-Cicadas dan Kebon Kelapa-Elang juga menjadi pilihan yang baik untuk menuju ke sana.

Tiket masuk dan jam buka Bandung Square

Destinasi wisata ini ramah di kantong. Untuk memasuki alun-alun Anda tidak perlu membayar tiket atau gratis.

Namun, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir.

Tidak perlu buru-buru ke lokasi Bandung Champion ini. Alun-alun terbuka untuk pengunjung 24 jam sehari.

Fasilitas Alun-alun Bandung





Sejumlah anak bermain di lapangan rumput sintetis di Bandung Square Park, Jawa Barat, Senin (22/6).  Taman Alun-alun Bandung menjadi salah satu tujuan warga Bandung untuk nongkrong saat Ramadan.  ANTARA FOTO/Agus Bebeng/ed/kye/15Fasilitas dan wisata di sekitar Alun-alun Bandung (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Sebagai objek wisata, alun-alun ini memiliki fasilitas bagi para pengunjungnya seperti tempat parkir bawah tanah, toilet, dan kantin. Selanjutnya ada taman bermain untuk anak-anak.

Alun-alun ini juga merupakan rumah bagi Masjid Raya Bandung. Masjid ini identik dengan kubah emas dan dua menara di kanan dan kirinya.

Selain itu, Anda dapat mengikuti tur dengan Bus Bandung Tour. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar Alun-alun, Cibaduyut, Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol dan kawasan Buah Batu.

Untuk menaiki bus ini, Anda bisa melakukannya di terminal bus Bandros yang terletak di sebelah tempat parkir.

Tur jalan kaki di sekitar Alun-alun Bandung

Ada juga beberapa tempat wisata lainnya di sekitar alun-alun. Anda bisa menikmati wisata kuliner atau beberapa tempat bersejarah kota bandung.

Warung Nasi Bu Imas yang sudah berdiri sejak tahun 1980 ini sangat cocok untuk wisata kuliner. Takeaway ini terletak tidak jauh dari Museum Konferensi Asia-Afrika.

Ada juga Rasa Bakery and Cafe di Jalan Tamblong Dalam No. 15 dan Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri No. 22.

Selain kuliner, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Penjara Banceuy, Kawasan Braga Heritage, Braga Permai, Museum Konferensi Asia Afrika dan Balai Kota Bandung.

Kemudian wisata menarik lainnya di sekitar Alun-alun Bandung yaitu Pasar Barang Antik Cikapundung, Masjid Raya, Museum Mandala Wangsit Siliwangi, termasuk beberapa Pusat perbelanjaan.

(glo/fef)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button