Kuliner Kauman Semarang menawarkan jajanan khas Jepang Kansai Takoyaki - WisataHits
Jawa Tengah

Kuliner Kauman Semarang menawarkan jajanan khas Jepang Kansai Takoyaki

SEMARANG, suaramerdeka.com – Tak perlu jauh-jauh jika penasaran ingin mencicipi makanan khas Jepang. Kini Kuliner Kauman Semarang tidak hanya menawarkan menu seafood tradisional tetapi juga snack Takoyaki.

Takoyaki adalah makanan asli daerah Kansai di Jepang. Makanannya terdiri dari bola-bola kecil adonan tepung yang diisi dengan potongan cumi di dalamnya.

Makanan takoyaki mulai viral di Indonesia beberapa tahun lalu. Hampir setiap daerah atau kota memiliki pedagang yang membuat takoyaki.

Baca Juga: KPK Tetapkan Kota Semarang Sebagai Kota Terbaik Pencegahan Korupsi

Saking populernya, makanan takoyaki ini juga bisa ditemui di pinggir jalan. Namun, takoyaki yang dijual merupakan buatan warga setempat dan tidak lagi berbahan dasar daging gurita.

Di Jepang, takoyaki disajikan dengan saus, mayones, dan topping berupa katsuobushi, atau serutan daging ikan dari kayu. Jadi di Indonesia paling bagus pakai mayones, saus atau topping kreasi sendiri, tergantung selera.

“Makanan ini sudah viral dan ada di setiap daerah. Namun masih banyak masyarakat Semarang yang belum menyadarinya. Jadi makanan ini perlu diperkenalkan kembali, terutama di tempat-tempat wisata seperti Kuliner Kauman,” kata pedagang takoyaki Nur Fadhilah, Jumat, 9 Desember 2022.

Baca Juga: Kisah Anak Khatulistiwa: Teman Baru di Sekolah dan Datangnya Kabut Tebal (2)

Menurutnya, pedagang yang berjualan takoyaki berada di kawasan Semarang yang dekat dengan Masjid Agung Aloon Aloon Kauman dan Kotalama, yakni di kawasan Jalan Hasanudin, Kebonharjo, Jalan Anggraini, dan Jalan Pemuda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button