Libur akhir tahun ke Pangandaran Hati-hati di Tepungkanjut, Kota Banjar mengusulkan perubahan rute - WisataHits
Jawa Barat

Libur akhir tahun ke Pangandaran Hati-hati di Tepungkanjut, Kota Banjar mengusulkan perubahan rute

BERITA PRIANGAN – Di awal libur tahun baru 2022 dan 2023, Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Jawa Barat. Hal ini dikarenakan Pangandaran memiliki berbagai objek wisata pantai dan wisata alam lainnya.

Untuk menuju Pangandaran, jalur utama dari arah barat (Bandung/Tasikmalaya/Ciamis) dan dari arah timur (Yogyakarta/Purwokerto/Majenang Cilacap) harus melewati Kota Banjar. Nah, pengendara perlu berhati-hati di kawasan ini, terutama bagi yang awam dengan medannya.

Masalahnya, ada satu ruas jalan yang rawan kecelakaan karena berkelok dan terjal, yakni tanjakan Tepungkanjut di Dusun Tembungkerta, RT 03 RW 10, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Jalan berkelok lain yang lebih panjang berada di kawasan Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Baca juga: Libur Tahun Baru ke Pangandaran Soal Jalan Rawan Kecelakaan, Cerita Ini Disebut Tepungkanjut di Banjar

Lereng Tepungkanjut sudah lama dikenal sebagai kawasan rawan kecelakaan. Tak heran jika dipasang alat pengintai (CCTV) di sekitar lokasi yang terhubung langsung dengan server Polda Jabar.

Dalam hal kondisi jalan berliku dan terjal yang membahayakan pengguna jalan, kata Kepala Badan Litbang Perencanaan dan Pembangunan Negara
(Bappelitbangda) Kota Banjar H. Soni Harison mengaku pihaknya telah mengusulkan rencana perubahan jalur menuju Pangandaran di Tembungkerta. Tujuannya agar jalan tidak terlalu menanjak dan berkelok-kelok.

“Kondisi jalan saat ini sudah diusulkan untuk memutari pegunungan di kawasan Tembungkerta menuju SPBU Batulawang,” ujarnya, Minggu 25 Desember 2022.

Baca Juga: Coba 7 Tempat Kuliner di Tasikmalaya untuk Menikmati Liburan Akhir Tahun dan Dijamin Nggak Bosan!

Menurut Soni, jalan berliku dan menanjak di Tembungkerta menjadi salah satu kendala bagi investor untuk berinvestasi di Kota Banjar. Masalahnya, kendaraan besar dan berat seperti truk atau bus sulit melewati jalur ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button