Delegasi GGN Kunjungi Kalsel - WisataHits
Yogyakarta

Delegasi GGN Kunjungi Kalsel

BANJARBARU – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Roy Rizali Anwar menerima kunjungan tim delegasi Global Geopark Network (GGN). Kehadiran mereka bertujuan untuk memastikan Geopark Indonesia Meratus dapat masuk dalam UNESCO Global Geopark.

Roy berharap kehadiran mereka bisa membuat mereka menikmati keindahan alam Kalsel, termasuk kawasan sekitar Pegunungan Meratus.

“Jika ada hal-hal yang perlu perbaikan, mohon diberitahukan kepada kami agar kekurangan yang ada dapat kami perbaiki,” kata Roy.

Roy meminta Asisten I Setda Provinsi Kalsel untuk membantu tim GGN dalam memperkenalkan destinasi wisata mulai dari wisata alam hingga gastronomi hingga UMKM.

Adapun lokasi yang akan dikunjungi tim GGN adalah sejumlah geosite seperti Bekantan Conservation (Bekantan Research Station) di Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Geosite Serpentinite Kiram, Kabupaten Banjar, Geosite Hutan Serpentinite Sultan Adam Mandiangin dan Sultan Adam Pusat Informasi Geologi dan Geopark Mandiangin.

Selanjutnya konservasi anggrek dan rusa sambar Sultan Adam Mandiangin, panci tradisional Intan Cempaka di kota Banjarbaru, desa Purun dan desa Sasirangan di kota Banjarbaru, desa wisata Belangian di Kabupaten Banjar dan hutan tropis Kahung di Kabupaten Banjar, kawasan Tambang Batubara (Pengaron) Oranje Nassau, Kabupaten Banjar dan Balai Adat.

Sementara itu, Jenderal Global Geopark Network (GGN) dan Ketua Dewan UNESCO Global Geopark (UGGP), Dr. Guy Martini, tim akan menganalisis situasi dan membuat pernyataan.

Selain dr. Guy Martini hadir bersama Ir Hanang Samodra selaku Peneliti Senior Bidang Geologi, Pusat Penelitian Sumber Daya Geologi BRIN dan sebagai perwakilan UNESCO untuk Geopark di Indonesia.

Kemudian DR Budi Martono, Ketua Indonesia Network, Advisory Committee Global Geoparks Network (GGN) dan General Manager UGG Sewu. dr Ir Jatmika Setiawan, MT, Peneliti Geologi UPN Veteran Yogyakarta dan Penasehat Geopark Nasional Meratus.

Akhirnya dr. Ir Joko Soesilo, MT, peneliti geologi dari UPN Veteran Yogyakarta, juga penasihat Geopark Nasional Meratus. Tim GGN akan menjelajah Kalsel selama kurang lebih 7 hari.

Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Nurul Fajar Desira dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana juga hadir menyambut tim Global Geopark Network. (Fitri)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button