Kuliah modul Nusantara UNJA, kelas inspirasi dengan pembicara Mochammad Farisi - WisataHits
Yogyakarta

Kuliah modul Nusantara UNJA, kelas inspirasi dengan pembicara Mochammad Farisi


TELANAIPURA,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan Kelas Modul Refleksi dan Inspirasi Nusantara Kelompok 4 Pertukaran Mahasiswa Merdaka (PMM) dengan materi kuliah umum pada Minggu (13.11.2022), 10.00 – 15.00 WIB, di Dpathi by Coffee Telanaipura , Jambi.

Hadir dalam kegiatan tersebut dosen pendamping Dr. orang Irlandia Sahrial, M.Sc., dua mahasiswa pembimbing dari UNJA Oktaviany Tamba dan Liven Yesuvirginia Zacharias serta 20 mahasiswa PMM Kelompok 4 dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, IKIP Budi Utomo, Universitas Jember, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trunojoyo, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 17 Agustus 1945 Universitas Surabaya, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Universitas Bosowa, Universitas Islam Malang, Universitas PGRI Semarang, Universitas Halu Oleo, Universitas Puangrimaggalatung, Universitas Ahmad Dahlan, STMIK IKMI Cirebon dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Dikutip dari Pusat Informasi Kampus Merdeka, Modul Nusantara yang ditawarkan di tahun ke-2 PMM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang keberagaman, nasionalisme dan cinta tanah air, yang meliputi empat jenis kegiatan yaitu pertukaran budaya, Inspirasi, refleksi dan kontribusi sosial. . Dalam pelaksanaan Modul Nusantara, mahasiswa peserta PMM 2 akan dibimbing oleh Pembimbing Modul Nusantara.

Salah satu ciri program Pertukaran Mahasiswa Mandiri (PMM) adalah Modul Nusantara, sebuah kegiatan non akademik yang meliputi 4 hal: Keragaman – Kegiatan menggali keragaman budaya, agama dan sejarah di perguruan tinggi.

Inspirasi, mencari inspirasi dari tokoh-tokoh inspirasi lokal. Refleksi, refleksi kolektif melalui diskusi, talk show dan postingan sosial, menginisiasi kegiatan sosial untuk masyarakat.

Universitas Jambi sendiri memiliki 119 mahasiswa inbound yang terbagi dalam 6 kelompok (20 orang/kelompok) dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Kalian akan belajar 1 semester di UNJA, melakukan kegiatan akademik dan modul untuk nusantara di berbagai tempat wisata, budaya, produk UKM, dll. Diharapkan setelah mengikuti modul Nusantara, siswa semakin memahami tentang keberagaman, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Kursus inspiratif ini disampaikan oleh Narasumber, Direktur Pusat Pelatihan Pusakademia, Mochammad Farisi, LL.M., yang juga Koordinator Humas dan Promosi Universitas Jambi. Menurut dosen pendamping Dr. Sahrial, kegiatan Modul Kelas Inspirasi Nusantara ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan soft skill khususnya kemampuan komunikasi, sehingga siap menjadi pemimpin yang cakap di masa depan.

“Dalam PMM ini ada kelas modul Nusantara yang didalamnya terdapat 4 tema utama yaitu: Mengajar Kebhinekaan, Memberikan Refleksi, Memberikan Inspirasi dan Berkontribusi Sosial. Public speaking menjadi salah satu poin untuk memberikan inspirasi menjadi pemimpin di masa depan,” ujarnya.

Suasana kelas sangat seru, dengan berbagai ice breaking, materi yang menarik dan analisa praktek berbicara tokoh. Siswa sangat antusias dan penuh semangat. Usai acara inti, dilanjutkan dengan makan siang bersama dan menyanyikan lagu-lagu karaoke dari masing-masing daerah.

PR

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button