Tiket masuk RANU REGULO, area perkemahan dan wisata - WisataHits
wisatahits

Tiket masuk RANU REGULO, area perkemahan dan wisata

Tiket masuk RANU REGULO, area perkemahan dan wisata

Harga tiket masuk ke Ranu Regulo: Rp 5.000 – Rp 19.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Ranupane Satu, Ranupani, Senduro, Lumajang, Jawa Timur, Indonesia, 67361.

Ranu Regulus danau yang terletak 2.100 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Semeru. Tempat ini terkenal dengan bumi perkemahannya yang indah dan eksotik. Lokasinya bersebelahan dengan Ranu Pani, hanya berjarak sekitar 300 meter. Area perkemahan dikelola dengan baik dan memiliki fasilitas umum yang memadai.

Suasana di sekitarnya mirip dengan Ranu Kumbolo. Dengan demikian, lokasi tersebut dapat dijadikan alternatif lokasi berkemah bagi pendaki pemula. Terutama bagi pendaki yang ingin ke Ranu Kumbolo, namun terkendala waktu dan tenaga yang terbatas. Jadi Ranu Regulo bisa jadi destinasi yang tepat karena tak kalah menarik.

Harga tiket Ranu Regulo

Jika Anda berjalan kaki atau bepergian, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang relatif murah. Namun, jika wisatawan ingin berkemah, mereka harus membayar HTM. Tiket masuk perkemahan sudah termasuk asuransi.

Harga Tiket Masuk Ranu Regulo dan Camping
Tiket masuk (reguler) Bebas
Tiket masuk (perkemahan) Rp 19.000
Parkir kendaraan Rp5.000

Baca: Tiket dan Kegiatan RANU KUMBOLO

Jam Buka Ranu Regulo

Kawasan wisata dan camping ini buka 24 jam sehari. Jadi pengunjung bisa datang ke tempat ini kapan saja. Tak heran karena tempat ini merupakan area berkemah. Pada malam hari, tempat ini relatif aman karena terdapat penerangan.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Obyek wisata dan bumi perkemahan di Ranun Regulo

Ranu Reguluskawasan Ranu Regulo. Foto: google maps/xsetan

Ranu Regulo memiliki panorama yang tak kalah eksotik dengan Ranu Kumbolo yang terkenal itu. Kawasan tersebut menyuguhkan panorama alam yang begitu menyejukkan mata. Tempatnya asri, danaunya bersih dan bisa jadi spot foto yang instagramable. Berikut adalah beberapa hal menarik tentang perjalanan di sini.

Danau yang indah dan jernih

Pesona Ranu ReguloTelaga jernih nan asri menjadi salah satu sajian utama saat camping di sini. Foto: google maps/Ari Umbu

Luas danau ini sekitar 3,4 ha dan memiliki air yang tampak kehijauan. Pepohonan dan perbukitan mengelilingi danau membuat pemandangan semakin indah.

Sering ada sedikit kabut di atas area danau, yang membuatnya tampak misterius. Terkadang wisatawan memanfaatkan momen berkabut untuk fotografi karena terlihat keren.

Namun, wisatawan sebaiknya tidak berenang di danau tersebut. Pasalnya, cuaca terdingin di kawasan ini bisa mencapai minus 4 derajat Celcius.

Kemudian dikhawatirkan air danau yang jernih akan tercemar jika banyak yang berenang. Sedangkan kesadaran setiap pengunjung sangat diperlukan guna membantu menjaga keindahan tempat ini.

Baca: Harga Tiket Masuk MONT SEMERU dan 6 Spot Terbaik

Perkemahan Ranu Regulo

Area berkemah di Ranu ReguloPerkemahan Ranu Regulo. Foto: google maps/Dwi Rahayu

Wisatawan akan memiliki suasana yang tenang saat berkemah. Umumnya, para pekemah datang pada sore hari dan pulang pada pagi hari. Sore hari, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kabut yang mengalir. Kemudian di pagi hari pengunjung dapat bersiap-siap untuk menyaksikan matahari terbit yang sangat indah.

Suasana malam saat berkemah juga akan menyenangkan. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat Bima Sakti di langit cukup jelas.

Sedangkan jika ingin suasana yang lebih tenang, pengunjung bisa berkemah di hari kerja. Karena pada akhir pekan atau hari libur, pengunjung pasti akan lebih ramai.

Baca: Tiket dan Kegiatan COBAN PELANGI

Gunung Gending dan Ranu Pani

Tak jauh dari areal camping terdapat tempat wisata menarik lainnya seperti Gunung Gending dan Ranu Pani. Gunung Gending terletak di selatan Ranu Regulo.

Dataran tinggi juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk berkemah. Berada di Gunung Gending, pengunjung bisa melihat keindahan Ranu Regulo dengan lebih eksklusif.

Sekitar 300 meter dari sisi kawasan, terdapat Ranu Pani. Wisatawan dapat menemukan Ranu Pani sekitar 15 menit berjalan kaki.

Pembentukan Ranu Pani juga terjadi secara alami dan menawarkan panorama yang menarik. Namun, Ranu Pani tidak begitu populer sebagai tempat berkemah.

Baca: PEAK B29 Pemandangan yang fantastis

Rumah Pendidikan Anggrek Semeru

Rumah Pendidikan Anggrek SemeruRumah Pendidikan Anggrek Semeru. Foto: google maps/Vita Nur Fitriya Dewi

Di kawasan Ranu Regulo terdapat kawasan konservasi anggrek endemik. Pengunjung dapat melihat jenis tumbuhan apa saja yang dilindungi oleh Taman Nasional Bromo Tengger. Rumah Pendidikan Anggrek juga dikenal sebagai Taman Anggrek.

Tempat sempurna untuk joging

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk jogging atau sekedar jalan-jalan di sekitar kawasan wisata. Wisatawan dapat melihat pemandangan indah dengan Gunung Semeru sebagai latar belakang.

Pengunjung harus memakai sarung tangan, pakaian tebal, selendang, jaket, kaos kaki, penutup kepala. Pasalnya, suhu udara di sekitar danau bisa sangat dingin pada waktu-waktu tertentu.

Fasilitas Bumi Perkemahan Ranu Regulo

Seiring bertambahnya jumlah wisatawan, fasilitas umum yang tersedia juga semakin lengkap. Misalnya, ada 4 toilet dan jalan beraspal pengaspalangazebo dan shelter.

Di malam hari, penerangan tersedia untuk wisatawan berkemah. Terdapat tempat parkir di sekitar meja pendaftaran, serta musholla tempat ibadah.

Kemudahan tempat perkemahan cukup luas untuk menampung beberapa tenda. Selain itu, pihak pengelola menawarkan fasilitas persewaan tenda. Pengunjung juga bisa menjumpai warung yang buka 24 jam sehari. Pengunjung dapat membeli minuman hangat dan mie instan, serta menumpang isi ulang gadget.

Lokasi dan Wisata di Ranu Regulo

Ranu Regulo terletak di Ranupane Satu, Ranupani, Kec. Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67361. Dari kota Lumajang ke Ranu Regulo berjarak kurang lebih 43 kilometer. Jika Anda pergi ke sana dengan kendaraan, akan memakan waktu sekitar 1 jam 12 menit.

Untuk menuju Ranu Regulo jalur pendakiannya tidak menanjak, jalannya juga sudah beraspal. Dari tempat parkir sudah dekat dengan kawasan Ranu Pani.

Nah, untuk menuju ke sana, Anda terlebih dahulu akan melewati Ranu Pani. Akses dari tempat parkir mobil melalui jalan setapak dalam kondisi baik.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button