Tiket & Pesona Pantai SADENG - WisataHits
wisatahits

Tiket & Pesona Pantai SADENG

Tiket & Pesona Pantai SADENG

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng : Rp 5.000

Gunungkidul merupakan daerah Yogyakarta yang kaya akan pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Sadeng. Pantai ini terletak di ujung timur Gunungkidul dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri. Buatlah dapat diakses baik melalui Yogyakarta atau Surakarta. Dan jika Anda berangkat dari Yogyakarta, akan memakan waktu sekitar tiga jam.

Pantai ini terkenal dengan pelabuhan perikanan dan pasar ikan terbesarnya. Wisatawan bisa membeli aneka ikan, cumi, udang dan lobster. Pantainya tidak terlalu kecil, namun memiliki pesona yang bisa diperdebatkan. Selain bisa bersantai di pantai, Anda juga bisa membeli ikan segar langsung dari laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk yang tetap terjangkau bagi wisatawan. Selain itu, wisatawan juga perlu menyiapkan tarif parkir sesuai kendaraan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 5.000
Tarif parkir
Mobil Rp 10.000
Sepeda motor Rp 5.000

Baca: Tiket Masuk HEHA SKY VIEW dan Wahana Unik

Jam Buka Pantai Sadeng

Tempat wisata ini bisa dikunjungi kapan saja. Apalagi, aktivitas para nelayan di pelabuhan seolah tak ada habisnya. Ada yang datang, ada yang berlayar.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Pantai kecil dengan pesona keindahan yang luar biasa

Pantai kecil dengan keindahan yang luar biasaPantai kecil dengan keindahan yang luar biasa. Foto: Gmap/Danang

Pantai Sadeng menawarkan pemandangan yang indah meskipun pantainya sendiri relatif kecil. Pantai ini dari jauh ditutupi dengan pelabuhan dan pelelangan. Oleh karena itu wisatawan harus berjalan beberapa meter untuk sampai ke pantai. Namun, seolah-olah itu adalah surga tersembunyi, wisatawan akan senang dengan pemandangan yang disajikan di sini.

Pantai ini dipagari dengan wajah batu karang di sisi kanan dan kirinya. Dinding karang ini juga menjadi penahan ombak besar, sehingga ombak yang masuk ke pantai ini relatif kecil. Selain itu, airnya cukup jernih, dengan gradasi warna yang indah. Biru kehijauan di pantai, menjadi lebih biru ke arah laut.

Pasir pantainya putih dan lembut, nyaman untuk disentuh meski tanpa alas. Di sekitar pantai yang masih banyak pepohonan menambah keindahan pantai ini. Wisatawan bisa melihat deretan perahu nelayan yang terparkir rapi. Menambah keindahan dan keanggunan pantai ini.

Baca: Tiket Pantai NGANDONG dan Berbagai Kegiatannya

Pelelangan ikan terbesar di Yogyakarta

Selain pesonanya, Pantai Sadeng juga merupakan tempat pelelangan ikan terbesar di Yogyakarta. Pelelangan ikan ini juga cukup higienis dan bersih. Tidak seperti toko ikan lainnya yang terkesan kumuh dan kotor. Di sini wisatawan akan menemukan tempat lelang yang tertata rapi.

Pangkalan pendaratan ikan ini memiliki standar nasional yang tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Gunungkidul. Bukan hanya warga lokal yang sudah merapat, tapi juga dari luar daerah. Bahkan ada yang datang dari luar pulau, seperti Bali, Sumatera, Kalimantan, Kupang dan lain-lain. Ketika perahu tiba, penduduk setempat berduyun-duyun membantu menarik ikan.

Panitia lelang berbicara melalui pengeras suara untuk menawarkan ikan. Di sinilah para pengepul akan berlomba-lomba mendapatkan ikan segar dengan harga yang pas. Suasana begitu semarak dan tampak menggairahkan. Ikan seperti tuna, cakalang, cumi-cumi, kepiting, lobster, dijual dengan harga yang sangat murah.

Baca: Tiket dan 10 Aktivitas Pantai Drini Gunung Kidul

Menghabiskan waktu di pantai

Spot foto untuk menghalau ombakSpot Foto Batu Pengusir Gelombang. Foto: Gmap/Totok Dwi Hermanwan

Meski Pantai Sadeng tidak luas, wisatawan tetap bisa menikmati pantainya. Bermain di sekitar pantai bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu. Selain itu, air laut yang ombaknya begitu tenang membuat bermain di pantai lebih aman. Berenang di sekitar pantai juga bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan.

Uniknya, di pantai ini terdapat bebatuan yang tersusun rapi melintasi perairan. Batu hitam ini berfungsi sebagai pemecah gelombang. Sehingga ombak tidak langsung mendekati pantai. Dan itulah salah satu alasan mengapa ombak di pantai ini cukup tenang.

Baca: PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Pesona

Berburu Ikan di Kampung Nelayan

Perahu diparkir rapi di pantaiPerahu terparkir rapi di tepi pantai. Foto: Gmap/Dodi Dodi

Lelang ini bukan hanya untuk kolektor. Wisatawan individu yang ingin membeli ikan juga dipersilakan. Padahal, harga ikan di sini jauh lebih murah daripada membelinya di pasar. Tentu saja, ikan yang dijual di sini masih segar karena baru ditangkap di laut.

Kampung nelayan sudah ada di sini sejak tahun 1983. Saat itu, banyak nelayan dari Gombong yang biasa mengunjungi daerah ini. Yang kemudian mendirikan desa, sekarang menjadi pelabuhan nelayan.

Semua aktivitas penangkapan ikan berlangsung di pelabuhan ini. Mulai dari pelelangan ikan, pengisian bahan bakar kapal, melaut, hingga kembali ke benua.

Baca: Tiket dan Atraksi NGOBARAN PANTAI Gunungkidul

Spot Foto Menarik di Pantai Sadeng

Lampu depan sebagai lampu tambahanLampu depan sebagai lampu tambahan. Foto: Gmap/Ifandri Dwi Aryono

Ada banyak tempat menarik di Pantai Sadeng. Pantainya sendiri memiliki pesona yang sayang jika tidak difoto. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang yang menawan. Apalagi jika Anda masih berada di pantai saat matahari terbenam, akan lebih indah.

Aktivitas di kampung nelayan juga menjadi pemandangan yang menarik tersendiri. Yang tentu saja langka di banyak pantai. Bahkan, melihat ikan segar yang berjejer menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, ada juga mercusuar yang indah sebagai objek foto. Mercusuar ini masih berfungsi sampai sekarang sebagai landmark kapal. Fungsi dari mercusuar ini adalah untuk memandu para nelayan yang melakukan aktivitas nokturnal di laut. Karena sebagian besar perahu nelayan ini adalah perahu tradisional, tidak ada lampu khusus untuk penerangan.

Saksikan keunikan Telaga Suling

Kawasan Pantai Sadeng diyakini sebagai muara terakhir Sungai Bengawan Solo. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah kawasan bernama Telaga Suling. Telaga Suling merupakan daerah di mana dua bukit kapur memanjang. Di tengahnya terdapat lembah yang berfungsi sebagai tanaman sekunder.

Meski dikelilingi perbukitan kapur, lembah ini sangat subur. Panjangnya sekitar 7 kilometer. Jika Anda mengikuti jalur lembah ini, Anda bisa sampai ke Pracimantoro di Wonogiri. Di aliran ini, wisatawan juga bisa menjumpai lokasi pembalikan Sungai Bengawan Solo.

Lokasi Pantai Sadeng Gunungkidul

Pantai ini terletak di Desa Songbayu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Jaraknya sekitar 82 kilometer dari Yogyakarta. Dibutuhkan waktu 2-3 jam untuk sampai ke pantai.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button