Kontribusi Sekolah Pascasarjana UGM melalui kegiatan Tridarma dalam bidang multi, inter, dan intradisiplin - WisataHits
Yogyakarta

Kontribusi Sekolah Pascasarjana UGM melalui kegiatan Tridarma dalam bidang multi, inter, dan intradisiplin

Kontribusi Sekolah Pascasarjana UGM Melalui Kegiatan Tri Dharma di Bidang Multi, Inter, dan Intra disiplin

Dari: Prof. orang Irlandia Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D

Penyelesaian masalah yang berbeda membutuhkan pihak yang berbeda serta pendekatan keilmuan yang berbeda dengan inovasi yang menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, ekonomi dan budaya. Untuk menjawab tantangan tersebut, Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki Sekolah Pascasarjana (SPs) yang menyelenggarakan pendidikan tingkat pascasarjana, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat multi, inter dan intradisiplin. SP UGM menyelenggarakan 25 program gelar (prodi), terdiri dari 14 program magister dan 11 program doktoral yang hampir seluruhnya terakreditasi A atau Unggul. Kegiatan tridarma perguruan tinggi di SPs dilakukan oleh dosen SPs dan oleh dosen dari berbagai fakultas di lingkungan UGM dan melibatkan dosen asing, sindikat dosen dan praktisi bersama mahasiswa serta didukung oleh tenaga kependidikan dan bekerjasama dengan berbagai mitra. Karena UGM merupakan salah satu perguruan tinggi yang terlengkap ilmunya (terdiri dari 18 fakultas dan 2 sekolah), maka ilmu di SPs juga sangat luas. SP UGM tidak hanya kompetitif secara nasional, tetapi juga menikmati reputasi yang sangat baik secara internasional. Selain terus meningkatkan kemajuan di tingkat internasional, SP UGM juga berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal dan regional. Hal ini sesuai dengan visi SPs untuk menjadi sekolah pascasarjana yang unggul dan bertaraf internasional yang selaras dengan kepentingan bangsa berdasarkan Pancasila.

Saat ini terdapat sekitar 1.300 mahasiswa aktif dari berbagai daerah di Indonesia termasuk daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), serta dari berbagai negara seperti India, Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, Jepang, Rusia, dan China. Dosen asing yang aktif di SPs antara lain dari University of Amsterdam; Universitas Edinburgh; Universitas Negeri Singapura; Universitas Ibrani Yerusalem; Universitas Teknik Sydney; Universitas Brigham Young; Universitas Vrijeit; dan Universitas Warsawa.

Dalam rangka meningkatkan reputasi internasional sambil melakukan benchmarking internasional, SPs secara aktif terlibat dalam mobilitas internasional melalui fakultas, peneliti dan mahasiswa. Kegiatan tersebut meliputi program Sekolah Musim Panas “Teologi dan Studi Keagamaan” di Universitas Salzburg, Program Kursus Singkat “Studi Perbandingan Budaya” di Universitas Tsukuba dan Konferensi Internasional tentang Masyarakat yang Kohesif di Universitas Teknologi Nanyang. Selain itu, SP juga menjalankan program tersebut Gelar Ganda (DD). Hal itu dilakukan oleh Prodi Magister Bioteknologi dengan Universitas Ibaraki dan Doktor Bioteknologi dengan Universitas Gifu. Beberapa program gelar lainnya masih mempersiapkan program DD yaitu Program Studi Magister Bioteknologi dengan Kyoto University, Program Doktor Kajian Antar Agama dengan Vrije Universiteit Amsterdam, dan Program Studi Magister Agama dan Lintas Budaya dengan University of Salzburg, Austria .

Reputasi yang sangat membanggakan adalah capaian UGM menjadi peringkat 47 dunia dan 1 nasional dalam kategori Seni dan Humaniora, bidang Teologi, Teologi dan Kajian Keagamaan, menurut sebuah publikasi. Peringkat Universitas Dunia Quacquarelli Symonds (QS WUR) berdasarkan topik (6 April 2022). Program gelar SP yang turut menyumbang keberhasilan tersebut adalah Magister Agama dan Lintas Budaya, Doktor Studi Antar Agama dan Doktor Ekonomi Islam dan Industri Halal. Selain itu, SP UGM telah ditunjuk untuk mewakili UGM sebagai tuan rumah Globethics.net Indonesia dan Dr. Dicky Sofyan telah ditunjuk sebagai Direktur Regional Globethics.net Indonesia.

Berbagai kegiatan internasional telah dilakukan antara lain kegiatan antara Prodi Magister Manajemen Bencana dengan Institut Raoul Wallenberg (RWI) Swedia, BASARNAS, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBN), Kementerian Hukum dan HAM serta Universitas Budi Luhur berupa pelatihan kepemimpinan Manajemen Risiko Bencana dan penyusunan serta pengembangan modul tentang bencana, pengungsian, perubahan iklim dan gender. Selain itu, SP UGM telah menjalin kerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) dan Fakultas Teknik UGM sejak tahun 2018 dengan kegiatan Kuliah Bersama. Pada tahun 2022, kolaborasi akan dilanjutkan dengan MindTech for Success in Your Studies Activities, sebuah program Thinking LAB@UTHM yang dirancang khusus bagi siswa untuk meningkatkan dan mempertajam kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Kegiatan ilmiah lainnya adalah Kuliah Umum Perubahan Iklim dan Produksi Peternakan yang mengundang pembicara dari Jepang.

Berbagai kegiatan ilmiah dilakukan di tingkat nasional, antara lain Seminar Nasional Bioteknologi yang merupakan program tahunan untuk program Magister Bioteknologi. Pada tahun 2022 akan diselenggarakan Seminar Bioteknologi VIII dengan topik “Bioteknologi untuk Perubahan Iklim dan Mitigasi Pemanasan Global”. Tema ini dilatarbelakangi oleh perubahan iklim yang memiliki implikasi luas terhadap ketahanan pangan, kesehatan dan keselamatan, serta perlunya pendekatan untuk beradaptasi dengan iklim baru.

Dalam upaya memperkuat peran dan manfaat secara langsung kepada masyarakat serta mendukung prioritas penelitian UGM dan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PCM) bagi SPs, telah dilakukan berbagai kegiatan. Di bidang penelitian, SPs melakukan berbagai proyek penelitian di tingkat internasional dan nasional melalui dosen dan mahasiswanya dan bersifat interdisipliner, interdisipliner dan intradisipliner.

Program Studi Seni Pertunjukan dan Seni Rupa (PSPSR) menyelenggarakan kegiatan Autonomous Festival dengan semangat menciptakan inklusivitas, kebebasan dan kemandirian dalam berkesenian. PSPSR bekerja dengan yayasan Kesenian Disabilitas Jogja yaitu organisasi seni dengan misi mewujudkan partisipasi penuh dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas di bidang seni budaya, baik secara nasional maupun internasional. Kegiatan amal lainnya dilakukan di Hutan Tujuan Khusus (KHDTK) Getas di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Selain penanaman 1.000 tanaman tahunan dan produktif, juga dilakukan diskusi dengan masyarakat dan pemerintah untuk merencanakan dan merancang PkM yang berkelanjutan untuk tahun-tahun mendatang. Program Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan melaksanakan pelatihan dan pendampingan ekspor komoditas pertanian dan turunannya bagi UMKM di wilayah desa Triwidadi, Pajangan, Bantul. Sementara itu, program Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan melakukan sosialisasi dan edukasi kegiatan konservasi tanah dan air di kawasan karst Padukuhan Banyumanik, Desa Calonejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Program Magister dan Doktor dalam Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan melakukan kuliah lapangan sekaligus PkM di Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul; dan Prodi Magister Manajemen Bencana melakukan presentasi kerja lapangan serta PkM terkait ancaman, kapasitas dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana tsunami di pesisir pantai Watukarung, Pacitan, Jawa Timur.

SPs pada tahun 2022 sudah memiliki 23 desa binaan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, masyarakat juga akan mendapatkan bantuan melalui desa binaan di wilayah 3T, antara lain Kabupaten Supiori, Merauke, Lombok Barat, dan Pandeglang. Berbagai model dan teknologi telah dikembangkan untuk mendukung kegiatan tersebut, antara lain Prodi Konsultasi Pembangunan dan Ilmu Komunikasi mengembangkan Aplikasi Android Rektanigama (Rekaman Usaha Tani Gadjah Mada) untuk Ware Bawang Merah; Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Prodi Magister Penanggulangan Bencana) dan pembangunan Novel multi-biomarker air liur (Prodi Teknik Biomedis).

Beberapa dosen SPs juga menorehkan prestasi membanggakan, antara lain Dr. Dicky Sofjan dapat Mengajar Beasiswa Oxford tentang “Agama dan Aturan Hukum”, Christchurch dan posisi mengajar di Universitas Oxford pada tahun 2022. Dr. Zainal Abidin Bagir meraih Best Collaborative Research Cluster Sosial Humaniora UGM Tahun 2021; Dr Mohammad Iqbal Ahnaf meraih Juara Kategori Riset Kolaborasi SOSHUM Terbaik UGM 2022 dan Rr. Paramitha Dyah Fitriasari meraih Juara Kategori Inovasi Pembelajaran Video Dokumenter UGM 2022.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button