5 Destinasi Wisata Prioritas Selesai 2024, Menko Luhut: Butuh Anggaran Rp 15T - WisataHits
Jawa Barat

5 Destinasi Wisata Prioritas Selesai 2024, Menko Luhut: Butuh Anggaran Rp 15T

5 Destinasi Wisata Prioritas Selesai 2024, Menko Luhut: Butuh Anggaran Rp 15T

Merdeka.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pembangunan lima Daerah Tujuan Wisata Prioritas (DPSP) akan selesai pada kuartal III 2024.

Lima DPSP yang akan dipercepat pembangunannya adalah Danau Tobase di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Artikel media Taboola

“Kami bertujuan untuk menyelesaikan kelima DPSP pada Q3 2024. Jadi sekarang mari kita evaluasi semuanya. Tadi sesuai hasil pembahasan kita Pak Menteri Bappenas, Menteri Pariwisata dan Menteri PAN-RB akan kita selesaikan,” ujarnya dalam jumpa pers usai menghadiri rapat. Koordinasi 5 DPSP dipantau secara online di jakartaRabu (21/12).

Menurut Luhut, penyelesaian pembangunan lima DPSP itu masih membutuhkan tambahan anggaran Rp 15 triliun. Anggaran tersebut akan disebar selama dua tahun ke depan. “Saya pikir seharusnya tidak ada masalah dengan keuangan,” tambahnya.

Luhut juga menegaskan, fokus utama adalah mempromosikan pariwisata domestik, termasuk mendorong pergerakan wisatawan domestik (wisnus). Luhut mengaku tidak ingin kalangan menengah menghabiskan uangnya untuk berlibur ke luar negeri.

“Kita tidak boleh mengandalkan pariwisata asing karena kelas menengah kita sekarang sedang tumbuh. Jadi jika kita bisa segera mengembalikan lebih banyak pariwisata domestik daripada sebelum Covid-19, saya kira itu pencapaian yang luar biasa,” katanya.

2 dari 2 halaman

Penggunaan anggaran tambahan

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengatakan tambahan anggaran sebesar Rp15 triliun akan membantu menuntaskan pembangunan kelima DPSP secara keseluruhan.

“Anggaran tambahan yang dibutuhkan adalah Rp 15 triliun. Kami harapkan dalam dua tahun ini bisa menyelesaikan seluruh kegiatan yang sudah kami lakukan di lima DPSP,” ujarnya.

Sandi juga mengatakan 1,2-1,4 juta wisatawan domestik diharapkan tahun depan. Oleh karena itu, pihaknya akan memperbanyak event dan kegiatan pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Salah satunya event olahraga air F1H2O di Danau Toba pada Februari 2023. “Kami berharap ini menjadi pemicu dan pendorong wisatawan lokal,” ujarnya.

Sandi juga berharap target penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan industri kreatif dapat ditingkatkan sebesar 4,4 juta melalui koordinasi antar kementerian/lembaga.

“Sebelumnya beberapa inovasi dimediasi oleh Pak Anas (Menteri PAN-RB) dan dukungan Pak Harso (Menteri PPN/Bappenas). Harapannya nanti kita bisa mencapai jumlah lapangan kerja yang diciptakan oleh pariwisata dan industri kreatif sebesar 4,4 juta dengan beberapa koordinasi antar kementerian,” ujarnya.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa dan Menteri Penguatan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

[idr]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button