Kerjasama antar elemen untuk mencapai kemajuan dan kemandirian daerah - WisataHits
Yogyakarta

Kerjasama antar elemen untuk mencapai kemajuan dan kemandirian daerah

Kerjasama antar elemen untuk mencapai kemajuan dan kemandirian daerah

tanpa judul

Krjogja.com – KARANGANYAR – Di usianya yang ke-105 tahun, Kabupaten Karanganyar sudah maju dan merdeka. Program-program pembangunan strategis dalam RPJMD 2019-2023 dilakukan secara serentak dan terkoordinasi.

“Setiap tahun, sesuai dengan slogannya, ada tujuan. Tahun ini progresif dan mandiri. Program-program pembangunan telah melandasi semangatnya sejak periode 2014-2018 dan 2019-2023. Nantinya pada tahun 2023, Karanganyar semakin maju dan diharapkan dapat menyelesaikan seluruh program yang terangkum dalam RPJMD lima tahunan. Tidak, ada program yang tidak dilaksanakan,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Junat (18/11/2022).

Ia menegaskan, semua program yang dibiayai dari APBD dan bekerjasama dengan berbagai pihak bersifat terukur dan transparan. Hal ini menunjukkan perkembangan pola pikir dan kemauan untuk mandiri di berbagai bidang. Juliyatmono mengatakan daerah yang dipimpinnya unggul dalam bidang pariwisata.

Karanganyar siap bersaing dalam menawarkan wisata alam yang halal, berkualitas, bersih dan tertata dengan baik. Dukungan pelaku ekonomi mandiri semakin memicu ledakan pariwisata.

“Bagaimana Karanganyar menjadi tujuan kunjungan. Tugas kita adalah memasarkan potensi yang ada. Produk UMKM banyak bermunculan seperti jamur, terutama produk pertanian dibandingkan dengan objek wisata dari daerah lain,” ujarnya.

Ia mengapresiasi semakin beragamnya kreativitas di desa-desa liburan. Dari situ, perekonomian tumbuh dengan sendirinya dan hasilnya memuaskan masyarakat setempat. Tantangan ke depan diyakini akan jauh lebih berat. Terwujudnya infrastruktur yang memadai memang tidak mudah, apalagi anggarannya bergantung pada dukungan negara. Apalagi, pandemi Covid-19 telah memangkas ratusan miliar rupiah dari anggaran pusat ke daerah.

“Kondisi jalan sangat memprihatinkan. Namun, belum sepenuhnya diperbaiki. DPU memang harus punya terobosan,” ujarnya.

Sejumlah perwakilan pimpinan daerah Soloraya menghadiri upacara peringatan 105 tahun pemerintahan Karanganyar pada Jumat pagi di alun-alun kota. Mereka merilis 105 crane tergantung pada jumlah ulang tahun.
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menghadiahkan cinderamata keris kepada Bupati Juliyatmono. Gibran menyampaikan selamat dan sukses untuk Karanganyar. “Di hari jadi ke-105 ini, saya harap kita bisa terus bersinergi dan berkolaborasi dengan kota Solo,” ujar Gibran.

Usai upacara, jemaah menampilkan fragmen tarian kolosal yang dibawakan oleh ratusan pejuang. Kemudian model flight display dari Pangkalan TNI AU Adisoemarmo dan marching band dari Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. (jeruk nipis)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button