Pada tahun 2022, 7,4 juta wisatawan akan mengunjungi kota Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pada tahun 2022, 7,4 juta wisatawan akan mengunjungi kota Yogyakarta

Pada tahun 2022, 7,4 juta wisatawan akan mengunjungi kota Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times – Hingga 7,4 juta wisatawan akan datang ke kota Yogyakarta pada tahun 2022. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menemukan jumlah itu lebih dari tiga kali lipat dari target dua juta wisatawan.

1. Lama tinggal wisatawan di Yogyakarta dan pengeluaran semakin meningkat

Pada tahun 2022, 7,4 juta wisatawan akan mengunjungi kota Yogyakarta  Website resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta (Sumber: website resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta).

Sebanyak 800.000 wisatawan berkunjung selama liburan Natal dan Tahun Baru. Selain jumlah kunjungan wisatawan yang melebihi target, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga mencatat peningkatan realisasi untuk indikator lain yaitu lama tinggal wisatawan dan pengeluaran wisatawan di Yogyakarta.

“Dari total kunjungan tersebut, sekitar 800.000 wisatawan akan datang pada Desember 2022 atau saat liburan akhir tahun,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, Rabu (11/1/2023).

Rata-rata lama menginap wisatawan di Kota Yogyakarta pada tahun 2022 mencapai 1,86 hari atau melampaui target 1,7 hari. Begitu pula dengan belanja wisatawan yang mencapai Rp1,97 juta per wisatawan dari target Rp1,6 juta per wisatawan.

2. Peningkatan 18 desa liburan

Pada tahun 2022, 7,4 juta wisatawan akan mengunjungi kota Yogyakarta  Kawasan Wisata Perak Kotagede (instagram.com/ocky_eventplanner)

Meski semua indikator menunjukkan angka positif, Wahyu mengatakan Pemkot Yogyakarta tetap berupaya mengembangkan pariwisata untuk tahun 2023.
Peningkatan tersebut salah satunya adalah layanan informasi wisata yang dibuka pada waktu-waktu tertentu saat liburan sekolah, lebaran, dan akhir tahun.

“Saat ini perlu pengembangan 18 desa wisata dengan promosi yang lebih intensif dan memastikan kesediaan desa wisata menerima wisatawan,” jelas Wahyu seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Wisata Andong di Jogja, Kini Bisa Bayar dengan QRIS

Baca Juga: Agenda Wisata Jogja ke-5 Januari 2023, Ada Pekan Budaya Tionghoa

3. Wisatawan harus aman dan nyaman

Pada tahun 2022, 7,4 juta wisatawan akan mengunjungi kota Yogyakarta  Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 di kawasan Tugu Yogyakarta, Jumat (10/7/2022). (Dok. Kotamadya Yogyakarta)

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Oleg Yohan mengatakan, biro pariwisata harus memastikan wisatawan menikmati Yogyakarta dengan aman dan nyaman. Untuk mencapai hal tersebut, perlu dilakukan pembinaan kepada para pelaku industri jasa pariwisata.

“Berbagai kejadian seperti Pengusaha yang menerapkan harga yang tidak wajar, misalnya, jangan diulangi karena akan membuat wisatawan merasa tidak nyaman dan merusak citra pariwisata,” ujarnya.

Baca Juga: Kampung Wisata Warungboto Kota Jogja Lebih dari Situs Sejarah

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Di Jogja Gratis, Liburan Gak Harus Mahal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button