8 Pasar Seni Terbaik di Indonesia, Ada Pasar Terapung di Kalimantan - WisataHits
Yogyakarta

8 Pasar Seni Terbaik di Indonesia, Ada Pasar Terapung di Kalimantan

gaya hidup VIVA – Pasar seni adalah tempat dimana pengunjung dapat membeli kerajinan khas dari suatu daerah. Terkadang pengunjung bisa menemukan pasar seni ini di setiap kota di Indonesia, namun tidak semua kota memilikinya. Jika Anda sedang mencari barang-barang lokal yang unik dan terjangkau, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Pasar Seni Ubud, Gianyar

Suasana Pasar Seni Ubud

Suasana Pasar Seni Ubud

Foto:

  • website/balicheapesttours

Pasar seni terbaik pertama di Indonesia adalah Pasar Seni Ubud yang berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali. Tidak sulit menemukan pasar yang sangat populer ini karena lokasinya yang berada di pusat pariwisata Ubud. Pasar ini juga terbagi menjadi dua area, yaitu sisi barat dan sisi timur.

Di sisi barat pengunjung akan menemukan berbagai kerajinan tangan seperti gelang, kain, tas anyaman dan lainnya. Sedangkan di sisi timur, Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti gula pasir, beras, telur, dan kebutuhan lainnya.

2. Pasar Seni Sukawati, Gianyar

Penjual lukisan di Pasar Sukawati

Penjual lukisan di Pasar Sukawati

Masih di kawasan Gianyar, Bali, Anda juga bisa menjumpai pasar seni terbaik lainnya di Indonesia, yaitu Pasar Seni Sukawati. Pasar Seni Sukawati juga tidak kalah populer karena sering menjadi tujuan belanja banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Pasar seni ini menawarkan barang-barang unik dan khas. Mulai dari tas, patung adat, kain bali, lukisan dan masih banyak lainnya. Pasar seni ini sangat direkomendasikan karena barang yang dijual lebih murah tapi kualitasnya sangat bagus.

3. Pasar Seni Banyumelek, Lombok Barat

Kakek penjual mainan jadi korban pencurian dan stoknya habis!

Kakek penjual mainan jadi korban pencurian dan stoknya habis!

Selain Bali, Pulau Lombok juga memiliki salah satu pasar seni terbaik di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Pasar seni ini terletak di kawasan Desa Banyumelek, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Desa Banyumelek sendiri dikenal sebagai daerah penghasil gerabah yang menciptakan karya unik.

Di tempat ini, Anda bisa menemukan berbagai peralatan dapur yang dibuat oleh para perajin, seperti piring dan mangkuk. Selain itu, mereka juga menawarkan berbagai macam ukiran dinding yang bisa dijadikan oleh-oleh. Harganya sendiri cukup terjangkau tergantung ukuran dan bentuknya, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 125.000.

4. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Pengunjung memilih pakaian tie-dye untuk dijual di Pasar Beringharjo, DI Yogyakarta

Pengunjung memilih pakaian tie-dye untuk dijual di Pasar Beringharjo, DI Yogyakarta

Foto :

  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Kota ini juga memiliki pasar seni terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi. Disebut Pasar Beringharjo dan merupakan pasar legendaris karena telah menjadi pusat perdagangan sejak tahun 1758. Pasar yang bertempat di gedung bersejarah ini sangat populer karena digunakan sebagai tujuan belanja Batik.

Di tempat ini pengunjung bisa menemukan berbagai jenis batik dengan model yang berbeda-beda. Dimulai dengan baju, daster, celana panjang dan diakhiri dengan kemeja. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan bisa dinegosiasikan. Pasar Beringharjo terletak di lokasi yang strategis yaitu Jalan Malioboro dan buka mulai pukul 08:30 hingga 21:00 setiap hari.

5. Pasar Seni Gabusan, Bantul

Pasar seni Gabusan.

Selain kota Yogyakarta, pengunjung juga akan menemukan pasar seni terbaik Indonesia di Kabupaten Bantul. Pasar Seni Gabusan awalnya dibangun untuk pengrajin lokal agar mendapatkan pijakan di pasar internasional. Tidak seperti pasar seni lainnya, Pasar Seni Gabsan berorientasi internasional.

Di sini pengunjung bisa membeli berbagai barang. Seperti tas rotan, tempat lilin yang terbuat dari berbagai bahan, kotak bambu, topeng dengan berbagai bentuk dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa mengunjungi pasar seni di Jalan Parangtritis mulai pukul 09.00 hingga 19.00 malam.

6. Pasar Gede Harjonagoro, Surakarta

Ilustrasi pedagang di Pasar Pancoran Glodok menjual pernak pernik Imlek 2021.

Ilustrasi pedagang di pasar Pancoran Glodok yang menjual pernak pernik Imlek 2021.

Pasar seni terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pasar Gede Harjonagoro. Selain itu, pasar di Kota Suragada memiliki nilai sejarah yang tinggi, dan bentuk bangunannya masih berupa arsitektur Eropa klasik dengan pernak-pernik Jawa serta memiliki suasana khas pecinan.

Kawasan Pasar Gede Harjonagoro juga dikenal sebagai pusat kuliner. Pasalnya di sini pengunjung bisa menikmati berbagai makanan tradisional dan khas yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan demikian, selain digunakan sebagai tempat belanja, pengunjung juga bisa mencicipi aneka makanan.

7. Pasar Triwindu, Surakarta

Pasar Triwulan Solo

Pasar Triwulan Solo

Foto:

  • dianztphotography.wordpress.com

Di kota Surakarta, pengunjung dapat mengunjungi Pasar Triwindu selain Pasar Gede Harjonagoro. Pasar Triwindu juga merupakan salah satu pasar seni terbaik di Indonesia dan wisatawan tidak pernah sepi. Terletak di Banjasari, Suragada, Pasar Triwindu berdiri sejak tahun 1939. Pasar ini dikenal sebagai surga barang antik karena sebagian besar barang yang dijual di sini adalah barang antik.

Namun, pasar ini memiliki daya tarik tersendiri. Bagi pecinta barang antik, pengunjung dapat menemukan segala macam barang antik di sini, seperti batik cap, uang kertas, mesin ketik tua, lilin jawa, dekorasi rumah motor tua. Pasar ini bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

8. Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018

Pasar seni terakhir dan terbaik di Indonesia adalah Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar di kota Banjarmasin masih cukup tradisional dan unik karena pasar ini terapung. Semua pembeli dan penjual harus menggunakan perahu kecil untuk berdagang satu sama lain. Meskipun demikian, pengunjung akan menemukan segala macam kebutuhan di sini.

Mulai dari sembako hingga souvenir dan aksesoris dijual di beberapa kapal. Selain berbelanja, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah di sini. Tak heran jika pasar ini digemari banyak wisatawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button