Lihat keindahan wisata Gili Iyang di Sumenep Madura, pulau oksigen tertinggi kedua di dunia - WisataHits
Jawa Timur

Lihat keindahan wisata Gili Iyang di Sumenep Madura, pulau oksigen tertinggi kedua di dunia

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, MADURA- Baru-baru ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merekomendasikan beberapa destinasi wisata di Jawa Timur setelah Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah nomor satu di dunia versi Majalah Forbes.

Pulau Gili Iyang di Kabupaten Sumenep menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Bagaimana keindahan pulau di Madura, Jawa Timur?

Tidak diragukan lagi bahwa Pulau Gili Iyang menjadi destinasi pilihan untuk mengisi waktu liburan Anda. Pulau di bagian timur Sumenep ini juga dikenal sebagai pulau oksigen tertinggi kedua di dunia.

“Keunikan yang banyak dimiliki daerah, bahkan satu-satunya di Indonesia dan terbesar kedua setelah Yordania, adalah wisata kesehatan oksigen. Bermanfaat bagi kehidupan manusia agar lebih awet muda, sehat, segar tanpa sesak nafas. Itu hanya ada di Gili Iyang,” kata Ketua Pokdarwis Ahyak Ulumuddin Gili Iyang kepada Tribun Jatim, Jumat (26/8/2022).

Baca Juga: Ratusan Fotografer Ikut Jambore Nasional Fotografer Indonesia Incar Keindahan Gunung Bromo

Tribun Jatim sempat menjelajahi pulau ini beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk solo trip, wisatawan dari kota Surabaya bisa menggunakan angkutan umum dengan bus.

Alternatif lain adalah menggunakan paket yang disediakan oleh Pokdarwis Gili Iyang Madura. Mulai dari Rp 250.000 untuk satu hari dari Pelabuhan Dongkek, jelajahi destinasi, makanan dan transportasi.

Satu-satunya cara untuk sampai ke pulau ini adalah melalui Pelabuhan Dongkek dengan taksi laut – nama yang diberikan untuk transportasi perahu motor ke Gili Iyang. Berkendara melintasi pulau menuju Dermaga Gili Iyang memakan waktu sekitar 30 menit.

Warga sekitar sudah menyediakan transportasi sepeda motor yang bisa disewa. Sopir akan membawa rombongan untuk menjelajahi objek-objek wisata di sekitarnya. Satu demi satu atraksi wisata dapat dinikmati dalam perjalanan singkat atau dalam sehari.

Baca Juga: Tari Gandrung Banyuwangi Tampil di Pertunjukan Budaya dan Musik Indonesia di Rusia

Pulau ini juga sangat membantu wisatawan yang ingin melakukan perjalanan jauh dengan menginap di Gili Iyang. Pasalnya ketersediaan homestay di Pulau Gili Iyang telah didukung dengan berbagai fasilitas untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan.

Batu Canggah, pahatan alami tebing di Gili Iyang, yang menjadi daya tarik berbeda dari Oxygen. Wisatawan bisa melihat laut lepas dari ketinggian dengan latar belakang bebatuan yang menjulang tinggi. Batu itu sepertinya menopang tebing di sekitarnya.

Objek wisata lainnya adalah pantai tali, jadi alternatif untuk menikmati oksigen Gili Iyang di pantai. Apalagi dari bulan Desember hingga Maret, wisatawan bisa leluasa berjudi dan memancing di tempat wisata ini.

“Di Pantai Ropet Anda bisa menikmati keindahan alam yang memadukan daratan dan lautan,” tambahnya.

Gua-gua di Gili Iyang juga merupakan wisata alam yang menawarkan sisi lain keindahan pulau ini. Stalaktit dan stalagmit di Gua Mahakarya dan Gua Sarefa masih aktif dan alami.

Pokdarwis lokal juga menyelenggarakan wisata budaya. Budaya Macopat dan Budaya Bela Diri Mancak Saramaan dilaksanakan setiap Sabtu malam. Tradisi yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Gili Iyang ini dimaknai sebagai budaya perlindungan pulau dan masyarakat setempat.

“Saya tidak mengacu pada seni bela diri, saya mengacu pada seni budayanya,” katanya.

Beberapa pemuka agama makam para sesepuh dan jimat Alquran, naskah asli para sesepuh, masih hidup. Kurang lengkap juga rasanya jika tidak berfoto di tugu O2 sambil menikmati pemandangan pantai. Berbagai objek wisata tersebut masuk dalam daftar destinasi Andang Taruna Tour and Travel yang ditawarkan dalam dua paket wisata.

Selama tujuh tahun merintis wisata Gili Iyang, kata Ahyak, ekonomi lokal mulai tumbuh. Warga aktif diberdayakan untuk memproduksi oleh-oleh untuk melengkapi wisata.

“Semua paket dengan destinasi sudah kami lengkapi,” ujarnya.

Gili Iyang MaduraGili Iyang Madura (Tribune JatimTravel)

Dalam mengembangkan ekonomi dan pariwisata di Gili Iyang, Ahyak mengatakan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan pemilik kapal phinisi.

Kapal phinisi dengan fasilitas setara hotel bintang tiga ini akan menampung wisatawan yang ingin menjelajahi Gili Iyang melalui jalur laut.

Suasana wisata seperti di Labuan Bajo berlaku di Gili Iyang. “Tiga hari dua malam untuk bermalam di Villa Pantai Sembilan, Gili Genting dan snorkeling di Gili Labak lalu di Gili Iyang untuk menikmati destinasi di pulau ini,” pungkasnya. rombongan tour tribun jatim

Source: tribunjatimtravel.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button