Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur menyambut hadirin dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban - WisataHits
Jawa Timur

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur menyambut hadirin dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban

Selasa, 11 Oktober 2022 | 03:35 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Surabaya, InfoPublik – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Hudiyono menerima audiensi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban di R. Command Center Lt. 2 kantor Diskominfo Jawa Timur, Surabaya, Senin (10/10/2022). Audiensi ini membahas sinergi antara keduanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tuban, Arif Handoyo, dan lima rekannya hadir dalam sidang tersebut.

Mereka adalah Agung Sakuntolo selaku Ketua Departemen Aptika (Kepala Departemen), Winda Sulistyowati selaku Ketua Departemen Pengelola Data Statistik (PDS) (Kasi), Hermanto selaku Kasubag Umum dan Sumber Daya Manusia dan Angel Pramitasari sebagai Kabag Opini Publik. dan Manajemen Aspirasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban, Arif Handoyo menjelaskan, tujuan kunjungannya ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur adalah untuk mensinergikan hubungan linier antara keduanya.

“Tentunya kita berusaha bersinergi dengan program kegiatan di Kabupaten Tuban, sehingga ada linearitas antara discominfo provinsi dengan discominfo Kabupaten Tuban,” jelas Arif.

Dengan adanya audiensi Diskominfo Provinsi Jawa Timur, lanjut Arif, diharapkan ada kejelasan program yang bisa dimanfaatkan secara sinergis.

“Berbagai program kegiatan yang ada tentunya sesuai dengan harapan provinsi dan kabupaten dan kemana arah program kegiatan tersebut,” ujarnya.

Arif mengatakan, audiensi ini tidak hanya berharap adanya hubungan kerjasama antara kedua belah pihak, tetapi juga menjadikan program discominfo provinsi sebagai acuan bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban.

“Tidak hanya hubungan kerjasama, tetapi terlebih lagi hal-hal yang jika program kegiatan Diskominfo provinsi tidak ada di Kabupaten Tuban, akan menjadi acuan bagi kita Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban, agar kita juga dapat melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi di Kabupaten Tuban,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Hudiyono mengatakan Discominfo Jatim mendukung program tersebut di Kabupaten Tuban.

Dikatakannya, ada beberapa program dari Diskominfo Provinsi Jawa Timur yang bisa dijadikan acuan, yakni memasukkan konten wisata di Kabupaten Tuban ke dalam robot pemandu wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Di TMII, lebih tepatnya di Anjungan Jawa Timur, semua fasilitas menjadi milik kominfo Provinsi Jawa Timur, mulai dari gedung teater, hingga diorama yang menghasilkan efek suara dari tanah, bahkan ada robot pemandu wisata yang memberikan tur. dari provinsi Jawa Timur.

“Nantinya Tuban bisa masuk konteks buku panduan dari robot, tinggal kirim kontennya, nanti kita masukkan ke robotnya sebagai iklan pariwisata Kabupaten Tuban,” kata Hudiyono.

Selain itu, lanjut Hudiyono, Diskominfo TMII Provinsi Jawa Timur juga menawarkan enam metaverse yang memungkinkan pengunjung menikmati wisata virtual reality (VR) di Provinsi Jawa Timur.

Tidak hanya konten Provinsi Jawa Timur yang masuk dalam TMII, program Diskominfo Provinsi Jawa Timur yang bisa dijadikan acuan adalah program big data yang memungkinkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada untuk ditabulasi silang untuk kepentingan pemerintah.

Pada program Big Data, kami bersama tim ITS mengumpulkan data melalui tab Format atau melalui portal data yang valid dan dapat dihitung dari hasil cross tabulating data.

“Hasilnya bisa dibaca secara efektif dan cepat untuk kebutuhan pemerintah provinsi, artinya dengan open data di kabupaten kita bisa menghubungkannya dengan yang ada di provinsi,” jelas Hudiyono.

Melalui hasil audiensi ini, kedua belah pihak dapat meningkatkan hubungan yang sangat sinergis ke depan, sehingga program-program yang dikembangkan dapat lebih maju dan koordinasi dari tingkat provinsi hingga daerah khususnya Kabupaten Tuban menjadi lebih mudah.

Tak lupa, di akhir audiensi ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, menyerahkan cinderamata kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Tuban, Arif Handoyo, sebagai tanda membangun hubungan sinergis yang tinggi antara keduanya. (MC Diskominfo Provinsi Jawa Timur/non-vin/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button