Kemenparekraf Gandeng Netflix, Genjot Promosi Pariwisata dan Pengembangan Film Indonesia - WisataHits
wisatahits

Kemenparekraf Gandeng Netflix, Genjot Promosi Pariwisata dan Pengembangan Film Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Netflix untuk mempromosikan pariwisata melalui konten dan mengembangkan film di Indonesia.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Plt. Asisten Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf yang juga Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani dengan Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara Ruben Hattari.

Kemenparekraf Gandeng Netflix, Genjot Promosi Pariwisata dan Pengembangan Film IndonesiaKemenparekraf Gandeng Netflix, Genjot Promosi Pariwisata dan Pengembangan Film Indonesia

Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Vice President Global Public Policy Dean Garfield Netflix pada Selasa (6/9/2022) di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Kolaborasi tersebut meliputi pembuatan berbagai konten yang mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Dari destinasi wisata, produk kuliner dan ekonomi kreatif dari berbagai daerah di Indonesia, serta cerita lokal otentik yang akan membuka jendela global ke Indonesia.

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi kerjasama Kemenparekraf/Baparekraf dengan Netflix dan berharap kerjasama ini tidak hanya memajukan pariwisata Indonesia dengan semangat kolaborasi, tetapi juga mengembangkan sektor ekonomi kreatif khususnya subsektor film.

Pasalnya, dua sektor tersebut, pariwisata dan ekonomi kreatif, berpotensi mendorong mundur target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024.

“Saya berharap kerjasama ini juga menjadi pendorong kita untuk mempercepat pemulihan dan kebangkitan yang lebih kuat,”

kata Menparekraf Sandiaga.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Netflix secara resmi merilis video promosi untuk kampanye Wonderful Indonesia.

Video promosi tersebut berisi kompilasi klip dari berbagai Netflix original yang menampilkan pemandangan destinasi wisata, produk kuliner dan ekonomi kreatif dari berbagai daerah di Indonesia.

Di tahun mendatang, kampanye Wonderful Indonesia juga akan diikuti dengan kegiatan aktivasi dan konten online lainnya untuk mendorong minat internasional dan domestik untuk kembali ke Indonesia.

Kolaborasi ini juga diluncurkan tepat setelah Netflix mengumumkan seri film dan serial Indonesia terbaru yang akan hadir di Netflix yang diharapkan dapat semakin meningkatkan industri kreatif.

Pertunjukan terbaru adalah debut komedi aksi Timo Tjahjanto, ‘The Big 4’; serial drama “Girl Kretek” dari produser Shanty Harmayn dan sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah; serial thriller sci-fi “Nightmares and Daydreams” oleh sutradara Joko Anwar; film dewasa “Dear David” dari sutradara Lucky Kuswandi; sitkom unik “Mantan Kecanduan Klub” oleh Salman Aristo; “Hari Ini Kita Ceritakan Nanti” oleh sutradara Angga Dwimas Sasongko; serial “Comedy Chaos” karya penulis-sutradara Raditya Dika; dan proyek menyenangkan dari penulis-sutradara Ernest Prakasa.

Menparekraf Sandiaga berharap kedepannya akan lebih banyak lagi cerita-cerita lokal yang akan dibicarakan agar dapat mempromosikan pariwisata Indonesia secara efektif.

Kekuatan film sebagai sarana promosi pariwisata Indonesia terbukti efektif, seperti film “Laskar Pelangi” yang mendongkrak citra pariwisata Belitung, “Eat, Pray, Love” yang mendongkrak citra pariwisata Bali, dan masih banyak lagi. .

“Kami berharap kedepannya akan lebih banyak lagi yang dapat berkolaborasi dengan dua kebijakan yang akan mendorong lebih banyak peluang konten Indonesia untuk streaming di Netflix yang mencapai 220 juta anggota di 190 negara,”

kata Sandiaga.

Melalui kerjasama ini, Menparekraf Sandiaga berharap dapat memberikan data yang dapat dijadikan referensi, termasuk konten-konten potensial yang dapat dikembangkan dan disajikan kepada masyarakat luas. Tidak hanya lokal tapi global.

“Kebijakan berbasis data, data yang relevan dengan industri sehingga kami dapat terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi.

Ini adalah era VUCA, kami perlu bekerja dengan perusahaan seperti Netflix dan mengalihkan fokus kami untuk sepenuhnya digital.

Saya akan memastikan bahwa industri ini memiliki dampak kualitas yang lebih tinggi pada mata pencaharian masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan,”

kata Sandiaga.

Wakil presiden kebijakan publik global Netflix, Dean Garfield, pada saat yang sama mengatakan bahwa dia optimis bahwa bekerja sama dengan Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan membawa banyak manfaat dan berharap untuk menyajikan lebih banyak cerita asli Indonesia kepada audiens internasional.

“Indonesia memang luar biasa. Jadi kita tahu bahwa beberapa pendongeng terbaik di dunia ada di Indonesia.

Kita tahu bahwa beberapa tempat terindah di dunia ada di Indonesia. Inilah kesempatan untuk mempresentasikan keduanya.

Ini juga merupakan kesempatan bagi kami untuk memanfaatkan beberapa kemitraan yang kami miliki di sini.”

kata Dekan Garfield.

Netflix, kata Dean, sudah bekerja sama dengan banyak pemain di perfilman Indonesia, seperti menghadirkan workshop pengembangan cerita pekan lalu.

“Ada tujuh cerita baru yang akan kami filmkan dan produksi di sini.

Dan ini adalah kesempatan untuk memperkuat komitmen kita dan momen untuk menunjukkan betapa indahnya Asia.

Bagaimana Netflix Dapat Membantu Industri Kreatif Indonesia Tumbuh Secara Global,”

kata Dekan.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button