5 Daerah Terdingin di Jawa Barat yang Cocok untuk Pendinginan, Mana Destinasi Favorit Anda? : Wisata Okezone - WisataHits
Jawa Barat

5 Daerah Terdingin di Jawa Barat yang Cocok untuk Pendinginan, Mana Destinasi Favorit Anda? : Wisata Okezone

PENDUDUK Jakarta biasanya jalan-jalan ke Jawa Barat untuk refreshing. Tak heran, di sejumlah kota provinsi, udaranya yang sejuk dan dingin membuat pikiran menjadi rileks.

Dari sekian banyak kabupaten dan kota di Jawa Barat, ada beberapa daerah yang cenderung paling dingin. Dengan kedekatannya dengan pegunungan dan keindahan daerahnya, inilah salah satu faktor penyebab mengapa kota yang dibahas di bawah ini menjadi salah satu daerah terdingin di Jawa Barat.

Penasaran daerah mana saja?

BACA JUGA:5 Daerah Terlantar di Sumatera Barat yang Cocok obat

1.Bogor

Bogor adalah salah satu daerah terdingin di Jawa Barat. Hujan yang cukup deras di kota yang satu ini membuat udara di sana begitu sejuk dan cenderung dingin.

ilustrasi

Kota Bogor (ANTARA)

Dalam hal ini, Bogor disebut sebagai “Kota Hujan”. Selain dingin, keistimewaan Bogor dilengkapi dengan sejumlah wisata alam yang menarik, seperti air terjun Leuwi Hejo, Lembah Tepus dan masih banyak lagi, kombinasi yang pas untuk refreshing bukan?

2.London

Kawasan terdingin di Jawa Barat ini kerap menjadi tujuan wisata warga Jakarta saat berlibur. Apa lagi kalau bukan Bandung.

BACA JUGA:7 daerah terkaya di Jawa Tengah nomor 1 dengan pendapatan per kapita hingga Rp 123 juta

Udara dingin Bandung yang bisa mencapai 24-21 derajat Celcius membuat wisatawan betah berlama-lama. Selain itu, Bandung juga merupakan surganya wisata kuliner, belanja, dan wisata alam.

3. Sumedang

Sumedang juga merupakan salah satu daerah terdingin di Jawa Barat. Daerahnya sendiri masih dekat dengan Bandung dan suhu cuaca di kedua kota tersebut cenderung serupa.

Udara dingin nokturnal di Sumedang muncul karena kondisi penutupan awal yang relatif terbuka. Akibatnya, panas bumi lepas ke atmosfer dalam bentuk gelombang panjang di siang hari dan menyebabkan suhu menjadi lebih dingin.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

4.Sukabumi

Daerah terdingin di Jawa Barat selanjutnya jatuh di Sukabumi. Bayangkan suhu di kota bisa mencapai 18 derajat pada siang hari.

Bahkan, suhu di Sukabumi bisa turun hingga di bawah 18 derajat pada malam hari. Mengutip iNews, pernyataan dari BMKG menyebut suhu dingin di Sukabumi datang sebagai pertanda datangnya musim kemarau.

Angin yang bertiup ke arah Jawa Barat pada saat itu merupakan angin pasat Tenggara atau Timur yang berasal dari benua Australia.

ilustrasi

5. Garut

Garut memiliki suhu yang bisa mencapai 23 derajat pada malam hari. Tentu saja Garut juga disebut sebagai daerah terdingin di Jawa Barat.

Selain dingin, Garut juga memiliki keindahan alam yang memukau. Bahkan, kota ini disebut Swiss Van Java.

Sungai Cimanuk dan Gunung Papandayan mengingatkan wisatawan Eropa akan Aare dan Pegunungan Alpen.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button