Air Terjun Cimahi Panganten, air terjun yang indah menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Cimahi Panganten, air terjun yang indah menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan

Air Terjun Cimahi Panganten, air terjun yang indah menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan

Menikmati keindahan Curug Panganten Cimahi bisa menjadi salah satu cara untuk memulihkan diri dan melepas penat dari rutinitas dan pekerjaan yang melelahkan.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Cihanjuang, Padaasih, Kec. Cisarua, Kota Cimahi, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Keindahan alam di Indonesia memang tidak ada habisnya, bentang alamnya yang luas membuat keanekaragaman alamnya semakin kaya. Air Terjun Panganten Cimahi merupakan salah satu bukti keindahan alam yang ada. Namanya terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, karena letaknya yang tersembunyi, hanya sedikit orang yang mengetahuinya.

Air terjun cantik ini tentu saja dinamai demikian, bukan tanpa alasan keindahan yang menampilkan 2 air terjun ini menjadi alasannya. Namun, dua aliran spot itu berbeda. Satu air terjun memiliki aliran dengan aliran yang lebih tinggi, sementara yang lain memiliki aliran yang lebih rendah, sedangkan ketinggian air terjun ini ±50m.

Tempat yang berada di kawasan lembah hijau ini merupakan pemandangan yang dapat memanjakan mata, memberikan kesan eksotik. Akses jalan menuju air terjun menawan ini memang tidak mudah, namun pesonanya memiliki daya tarik yang kuat sehingga tidak pernah menyurutkan minat wisatawan untuk melihat panoramanya.

Daya Tarik Curug Makanan Cimahi

Objek wisata air terjun Cimahi PangantenFoto oleh Kangizzul01 di Google Maps

Sama seperti wisata lain di Jawa Barat, tempat wisata cantik ini juga memiliki cerita dan mitos tersendiri. Mitosnya, ada sepasang pengantin yang mengunjungi kawasan indah ini setelah pernikahan, namun karena suatu kejadian, keduanya terjatuh dan hanyut di sungai.

Meski kebenaran cerita ini masih belum diketahui, ada aspek pendukung di balik aksi mempesona ini. Selain itu, daya tarik air terjun di Cimahi yang membawa orang ke sini antara lain:

✦ Presentasi panorama air terjun yang luar biasa

Menuju air terjun adalah pilihan yang tepat, saat hari sudah suntuk untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Tidak perlu liburan ke tempat terpencil dan menghabiskan banyak uang, mengunjungi air terjun yang menawan sudah cukup menyenangkan. Udara segar di sekitar dan pemandangan yang disajikan membuat pikiran jernih kembali.

Tempatnya cukup tersembunyi, sehingga tidak heran jika jarang dikunjungi orang. Untuk mencapai air terjun Cimahi Panganten memang sedikit repot, karena akses jalan yang cukup menguras tenaga. Namun rasa lelah akan terbayar setelah melihat keindahan alam yang dipajang.

Sepasang air terjun dengan pemandangan eksotik terpampang cantik. Suasana alam yang selalu asri dan udara segar seketika memberikan energi tersendiri bagi tubuh. Keindahan alamnya menjadikan tempat eksotis ini sebagai destinasi ideal untuk refreshing dan bersantai.

✦ Tujuan perjalanan pesta murah

Daya tarik lain dari Air Terjun Cimahi Panganten adalah Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk masuk ke tempat wisata menawan ini. Hal inilah yang membuat banyak warga sekitar menjadikannya sebagai tempat wisata murah. Namun hal ini juga sebanding dengan akses dan fasilitas yang ada.

Karena air terjun yang indah ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, maka tempat wisata yang indah ini masih belum terkelola dengan baik, salah satunya akses jalan yang masih sempit dan cukup merepotkan.

✦ Pemandangan pelangi di air terjun

Air terjun cantik ini juga sering dijuluki Air Terjun Pelangi karena pesonanya terutama tampilan lampu warna-warni di sekitar aliran sungai. Namun untuk memanfaatkan waktu terbaik ini, pastikan Anda datang pada waktu yang tepat.

Pasalnya, pemandangan ini akan semakin mempesona jika dilihat pada sore hingga larut malam. Suasana alam yang tenang berpadu dengan air terjun yang menawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug Cimahi PangantenFoto oleh Niken Palupi di Google Maps

Lokasi Air Terjun Cimahi Panganten berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Jawa Barat. Dari pusat kota Bandung, untuk mengikuti sirkuit alam eksotik ini diperlukan perjalanan sejauh 20 km. Untuk menuju tempat wisata populer ini, beberapa pilihan transportasi bisa digunakan yaitu kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Namun, bagi yang datang bersama keluarga, sebaiknya memilih menggunakan kendaraan pribadi agar lebih nyaman. Jalur akses yang bisa dipilih untuk menuju air terjun cantik ini adalah anda bisa mengambil jalan Cimahi kemudian dilanjutkan ke Cihanjuang. Kemudian ambil jalan Parongpong dan berakhir di kawasan Lembang.

Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat berangkat dari arah kota Bandung, antara lain menggunakan jalur kereta api St. Hall menuju Lembang. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur angkutan menuju Lembaf dan Cisarua. Jangan khawatir, karena angkutan ini akan berhenti tepat di pintu masuk objek wisata.

Harga tiket masuk dan jam buka

Untuk dapat menikmati keindahan yang disajikan di Air Terjun Cimahi Panganten, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000/orang. Namun, biaya tersebut masih belum termasuk dalam biaya parkir. Jadi bagi yang membawa kendaraan pribadi perlu menyiapkan uang tambahan untuk membayarnya.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Curug Pangan CimahiFoto oleh Hilman Chaerunisyam di Google Maps

Berada di tempat yang memiliki pemandangan menakjubkan saja tidak cukup untuk menontonnya. Ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda coba agar pengalaman liburan Anda lebih berkesan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata menawan ini antara lain:

1. Perburuan foto yang menarik

Kegiatan utama yang tidak boleh dilewatkan tentunya adalah berburu foto landscape yang indah. Jadi ketika datang ke tempat wisata air terjun di Cimahi ini, jangan lupa membawa kamera. Atau wisatawan juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang pemandangan alam yang indah dan menakjubkan, menggunakan kamera handphone.

Semua kenangan dan pengalaman yang dirasakan saat berlibur di Air Terjun Panganten Cimahi dapat dikenang dan diabadikan dengan baik, dalam sekali jepretan.

2. Berenang di Air Terjun Cimahi Panganten

Bermain di menara dengan pemandangan air mengalir pasti akan sulit menahan keinginan untuk berenang. Air jernih dan udara segar akan membuat tubuh segar kembali. Namun pastikan Anda selalu berada di area yang aman, terutama saat air terjun mengalir deras.

3. Piknik

Duduk santai sambil membawa makanan dari rumah juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Menyantap makanan ditemani pemandangan yang indah tentu bisa memberikan pengalaman yang mengasyikkan. Namun setelah selesai, jangan lupa untuk membawa tempat sampah agar keindahan dan kebersihan tempat ini selalu terjaga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Curug Makanan CimahiFoto oleh Indra Dh di Google Maps

Sayangnya, Curug Panganten Cimahi ini masih belum memiliki fasilitas yang memadai karena belum dikelola dengan baik oleh pemerintah pusat. Itu sebabnya sarana dan prasarana masih belum terpelihara, bahkan sebagian besar sudah rusak. Keberadaan toilet dan gazebo atau saung untuk berteduh dan bersantai juga tidak ada.

Bentang alam di Indonesia memang selalu indah memukau, begitu juga dengan Air Terjun Cimahi Panganten yang memiliki dua aliran sungai yang memukau. Meski fasilitas yang tersedia masih minim, hal ini tidak mengurangi keindahannya. Nuansa yang indah dan suara air yang mengalir adalah kombinasi yang pas untuk berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button