Pemkab Blora All Out Pamerkan Produk UMKM di Jakarta Convention Center - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkab Blora All Out Pamerkan Produk UMKM di Jakarta Convention Center – Halo Semarang

HALO BLORA – Kementerian Perindustrian dan Kepegawaian Pemerintah Kabupaten Blora serta Dekranasda semuanya mati Showcase Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Autonomy Expo 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (20/7/2022) hingga Jumat (22/7/2022).

Berbagai produk seperti kerajinan kayu jati, kerajinan tangan, batik, tekstil, berbagai makanan kemasan termasuk ikan paus goreng dipamerkan oleh Pemkab Blora. Juga rangkaian video tentang potensi wisata dan UMKM lainnya ditampilkan di layar TV yang terpasang.

Bupati Blora Arief Rohman yang hadir pada kegiatan tersebut mengaku senang dan bangga melihat produk UMKM Blora di pameran nasional. Selain itu, acara tersebut merupakan pameran UMKM terbesar di Indonesia yang diikuti oleh seluruh kabupaten yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

“Alhamdulillah, terima kasih Apkasi yang memfasilitasi semua daerah untuk memamerkan produk-produk UMKM. Padahal, ini merupakan dorongan daerah untuk mempromosikan potensi daerah dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi. Tidak hanya pameran dagang produk UMKM, tapi juga pariwisata dan investasi,” kata Bupati Blora Arief Rohman.

Menurutnya, perekonomian dunia saat ini sedang dalam fase yang buruk. Oleh karena itu, UMKM perlu didorong untuk lebih progresif. Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian, setiap kepala daerah harus memiliki semangat membangun UMKM.

“Mendagri mengatakan dalam pidato pembukaannya bahwa ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja. Hanya UMKM yang mampu bertahan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Jadi kita harus bangga dan membeli produk UMKM asli Blora. Untuk diaspora Blora, mari kita jual produk lokal kita yang tidak kalah dengan daerah lain,” kata Bupati.

Dalam pameran di JCC Senayan, Bupati Blora juga menyampaikan bahwa panitia pameran menyediakan e-catalogue produk UMKM di Kabupaten Blora.

Dengan e-catalog, pengunjung tidak hanya melihat produk yang ada di stand, tetapi juga dapat memindai barcode untuk memilih produk UMKM lainnya dan langsung berhubungan dengan para perajin.

Selain itu, kata Bupati Blora, banyak pengunjung yang melihat produk UMKM Blora di hari pertama. Beberapa produk bahkan sudah dibeli pejabat pusat, seperti Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh SH MH yang membeli satu set kursi Gembol jati khas Blora.

“Tidak hanya itu, Bapak Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo; Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; ketua Apkasi yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Rizka; Sekjen Apkasi yang juga Bupati Gowa Adnan Purichta; dan Bendahara Umum Apkasi Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang) juga singgah di stand pameran Kabupaten Blora.

Yanik Mariana, salah satu pengrajin tie-dye Blora yang produknya akan dipamerkan di Expo Otonomi 2022, mengaku senang dan berharap produk kerajinan tie-dye Blora bisa lebih dikenal dengan ciri potensi alam dan seni budaya Blora.

“Beberapa kain tie-dye saya pernah dipamerkan di JCC Senayan Jakarta. Bersama produk teman lainnya. Maturnuwun, Bapak Bupati, Ibu Ain, Kepala Dekranasda, dan instansi terkait yang telah memberikan ruang bagi kami para pemangku kepentingan UMKM untuk berpartisipasi dalam pameran tersebut. Semoga UKM Blora naik kelas,” ujarnya.

Pameran dibuka oleh Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian, hadir pula Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Selain itu, ada juga sosok menteri mantan bupati dan mantan gubernur yang sebelumnya menggagas berdirinya Apkasi. Sedikitnya ada 247 kabupaten di seluruh Indonesia yang mengikuti event nasional tersebut. (HS-08).

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button