Kembangkan wisata kesehatan, Yogyakarta fokus pada wisata medis dan kebugaran - WisataHits
Yogyakarta

Kembangkan wisata kesehatan, Yogyakarta fokus pada wisata medis dan kebugaran

TEMPO.CO, Yogyakarta – Langkah Yogyakarta merintis dan mengembangkan wisata kesehatan atau wisata kesehatan diremajakan. Ketua Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Darwito Dikhianati dari Cabang wisata kesehatan Oleh karena itu, ada dua area kinerja utama yang sedang diperluas secara tepat sasaran.

“Terutama layanan wisata kesehatan dan wisata medisdia,” kata Darwito, Selasa, 1 November 2022.

wisata medis atau wisata medis bertujuan untuk meminimalkan orang Indonesia pergi ke luar negeri untuk berobat dan menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata medis bagi wisatawan asing. Sedangkan wisata kesehatan atau wisata kebugaran bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata kesejahteraan dan menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil produk kesejahteraan.

melayani wisata kesehatan Penawaran dapat berfokus pada penyakit dengan insiden tinggi, mahal dan menjadi tujuan pengobatan bagi pasien yang berobat ke luar negeri.

Darwito yang juga Direktur Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM), mengatakan mereka menggarap dua bidang utama. wisata kesehatan ini salah satunya mengintensifkan expo atau pameran publik. Sebagai bagian dari Health Tourism Expo dari tanggal 28-30 Oktober di Pakuwon Mall Yogyakarta.

Pada acara tersebut, PERSI DIY bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Pariwisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY menghadirkan berbagai profil rumah sakit Yogya, terutama rumah sakit dengan akreditasi penuh yang menyediakan layanan wisata kesehatan dengan peralatan medis canggih yang menawarkan layanan kesehatan tanpa harus meninggalkan mereka secara tradisional.

“Dengan demikian, wisata kesehatan yang digagas dapat semakin dikenalkan kepada masyarakat, termasuk produk kesehatan dengan muatan lokal berbasis budaya lokal, sehingga tingkat kunjungan wisata kesehatan di Yogya akan meningkat,” kata Darwito.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga menyoroti wisata kesehatan Demikian disampaikan Sandiaga saat menjadi pembicara dalam webinar wisata kesehatan yang diselenggarakan oleh Academic Health System (AHS) UGM Yogyakarta akhir Oktober 2022. wisata kesehatan telah menjadi daya tarik utama di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Pemerintah juga memiliki empat bidang prioritas untuk pengembangan wisata kesehatan atau pariwisata wisata kesehatan Ini. “Fokus wisata kesehatan Yakni wisata medis, wisata kebugaran, wisata olahraga, dan wisata ilmu kesehatan,” kata Sandiaga.

Baca juga: Wisata kesehatan di Bali, wisatawan bisa mencoba akupunktur dan prana untuk mencicipi makanan sehat

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button