Bupati Subang: Tingkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan jika terjadi bencana alam - WisataHits
Jawa Barat

Bupati Subang: Tingkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan jika terjadi bencana alam

SUBANG (ANTARA) – Bupati Subang, Jawa Barat, Ruhimat mengimbau masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap bencana alam yang berpotensi terjadi pada kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini.

“Kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam harus ditingkatkan karena cuaca saat ini sangat ekstrim,” kata Ruhimat usai upacara pemberian gelar Satgas Siaga Bencana Alam di Subang, Kamis.

Baca Juga: Bupati Khawatir Lonjakan Objek Wisata Subang Selatan Akan Menimbulkan Bencana

Menurutnya, Subang merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang rawan atau berpotensi terkena bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin topan.

“Kondisi geografis Subang mulai dari wilayah selatan yang merupakan wilayah pegunungan, wilayah tengah dataran rendah dan wilayah pesisir utara dekat perairan,” ujarnya.

Dikatakannya, ketika menghadapi bencana, ada kelompok yang berisiko tinggi, sehingga kesadaran dan kesiapsiagaan bencana perlu disebarkan ke seluruh masyarakat. Pada saat yang sama, sosialisasi perlindungan bencana harus dilaksanakan secara intensif.

Baca Juga: Banjir dan Tanah Longsor Telah Menghantam Kawasan Subang

“Salah satu kelompok yang berisiko tinggi terkena bencana adalah ibu-ibu dan anak-anak. Kehidupan sehari-hari mereka terutama terjadi di pemukiman penduduk, sedangkan berbagai ancaman bencana dapat muncul kapan saja. Kelompok ini harus dilindungi, setidaknya mereka memahami dan mampu menerapkan prinsip penyelamatan diri saat terjadi bencana,” ujarnya.

Sementara itu, berbagai elemen seperti jajaran Pemkab, Polri, TNI dan relawan turut serta dalam pengerahan pasukan dalam kesiapsiagaan bencana alam yang dilakukan oleh Pemkab Subang.

Baca Juga:Forkopimda Tangerang Gelar Apel Siaga Bencana Saat Cuaca Ekstrem

Menurut Bupati, seruan gelar Satgas Siaga Bencana itu digelar untuk melihat kesiapsiagaan dalam setiap aspek pencegahan dan penanggulangan bencana di Subang.

Reporter: M.Ali Khomeini
Penerbit : Bambang Sutopo Hadi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button