Parangtritis dan Parangkusumo Bantul jadi fokus pengamanan malam 1 Sura - WisataHits
Yogyakarta

Parangtritis dan Parangkusumo Bantul jadi fokus pengamanan malam 1 Sura

BacaJogja – Pengamanan dalam perayaan Tahun Baru Jawa 1 Sura Ehe 1956 atau Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H difokuskan di kawasan wisata Parangtritis dan Parangkusumo di Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul. Selain itu, pengamanan juga dilakukan pada jalur-jalur yang menuju kawasan tersebut.

Seperti diketahui, setiap malam perayaan 1 Muharram atau 1 Suro, banyak warga yang menginap di kawasan Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas, maka dilakukan rekayasa lalu lintas dari Pundong Sempalan Simpang 3.

Baca Juga: Keraton Yogyakarta Hilangkan Tradisi Lampah Mubeng Beteng Malam 1 Sura

Hal itu disampaikan Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK, saat rapat koordinasi persiapan pengamanan perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H atau 1 Suro di wilayah Bantul. “Rapat koordinasi ini diadakan dengan maksud sebagai langkah awal penerapan pengamanan 1 Suro malam agar dapat berfungsi dengan lancar,” ujarnya, Kamis, 28 Juli 2022.

Kapolres mengatakan akan dilakukan rekayasa lalu lintas dari simpang Sempalan Pundong untuk mencegah kemacetan. “Kendaraan yang masuk kawasan Parangtritis akan dialihkan melalui Simpang Sempalan Pundong tiga. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemacetan lalu lintas khususnya di Jembatan Kretek,” jelas Kapolres.

Baca Juga: Larangan Berwisata Berbaju Hijau di Pantai Selatan Jawa dan Kisah Nyi Roro Kidul

Polres Bantul akan menerjunkan personel di ruas-ruas jalan menuju kawasan Parangtritis bersama petugas dari dinas terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Satpol PP serta Kodim dan Paksiton Bantul.

Kapolres berharap dengan sinergitas dan kerjasama pengamanan ini, perayaan 1 Muharram atau 1 Suro di wilayah Bantul dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, kondisi keselamatan dan keamanan tetap kondusif bagi Kamtibmas dan Kamseltibcar.

Baca Juga: Pentingnya Upacara Adat Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri di Parangtritis Bantul

Rapat koordinasi digelar di ruang rapat Gedung Satpas Polres Bantul yang diketuai Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK. Rapat koordinasi tersebut juga dihadiri oleh PJU Polres Bantul dan Kapolsek Bantul, perwakilan Kodim Bantul, Dispar Kabupaten Bantul, BPBD Kabupaten Bantul, Dishub Kabupaten Bantul, Satpol PP Bantul, PPK dan Pakistan. (Humas Polres Bantul)

Source: bacajogja.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button