Keindahan Sabu Raijua, Surga Wisata Tersembunyi di Indonesia Timur: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Keindahan Sabu Raijua, Surga Wisata Tersembunyi di Indonesia Timur: Okezone Travel

Keindahan Sabu Raijua, Surga Wisata Tersembunyi di Indonesia Timur: Okezone Travel

PULAU Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki keindahan alam yang mempesona. Bukit kapur, padang rumput, pantai berpasir, dan laut biru adalah pemandangan yang sempurna untuk dinikmati.

Ada dua pulau besar; Pulau Sabu dan Pulau Raijua. Pulau Sabu atau Rai Hawu luasnya sekitar 460,78 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 30.000 jiwa. Pulau terpencil ini secara administratif termasuk wilayah Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua.

Mayoritas masyarakat di Pulau Sabu berprofesi sebagai petani, peternak, nelayan, pedagang, pengrajin gula aren dari nira aren dan lain-lain.

Sabu Raijua memang layak menjadi tujuan wisata dan cocok bagi para pelancong yang ingin menikmati penyembuhan. Pulau ini masih sangat asri dan cocok untuk para petualang.

Jelajah Pulau Sabu Raijua Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang indah dengan deburan ombak. Salah satunya adalah Pantai Madjala yang memiliki pasir putih dengan air laut berwarna biru kehijauan dan ombak yang landai.

Di dekatnya terdapat perbukitan disertai bongkahan batu yang membentuk formasi indah di pantai.

Tempat wisata menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Sabu Raijua adalah Kelabba Maja yang dijuluki Grand Canyon oleh NTT. Kelabba Maja menampilkan keajaiban alam yang luar biasa dan memegang nilai sakral di masyarakat setempat.

Deretan tebing kapur berwarna merah tua, pink, coklat, putih, dan abu-abu diperkirakan terbentuk lebih dari 70 juta tahun lalu.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Sabu sendiri merupakan cabang dari jalur geantic Banda Arc yang dikelilingi terumbu karang hingga 300 meter di atas permukaan laut. Salah satunya mendirikan Kelabba Maja. Kelabba Maja berasal dari bahasa setempat. Kelabba berarti tanah abu, Maja berarti rumah para dewa.

Lalu ada Gua Lie Madira, Desa Adat Namata, Danau Lederaga, Pantai Seba dan lain-lain.

Kondisi jalan di pulau ini sebagian sudah beraspal, namun jalan berbatu dan tanah masih bisa ditemukan di beberapa tempat dekat pantai.

Akses ke Pulau Raijua

Jika Anda datang dari Jakarta, Anda bisa terbang dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang menuju Bandara El Tari, Kupang dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Dari Bandara El Tari, naik pesawat ringan ke Bandara Tardamu Sabu. Atau bisa juga naik speedboat dari Kupang ke Sabu Raijua dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Kalau mau lebih murah bisa naik ferry, tapi penyeberangannya memakan waktu 10 jam.

Karena tidak ada angkutan umum yang representatif di Sabu Raijua, Anda bisa menyewa sepeda motor lokal untuk menjelajahi pulau. Atau naik perahu nelayan untuk mencapai pulau-pulau sekitarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button