Pemkot Bandung mendesak Bandara Husein membuka penerbangan internasional - WisataHits
Jawa Barat

Pemkot Bandung mendesak Bandara Husein membuka penerbangan internasional

Pemkot Bandung mendesak Bandara Husein membuka penerbangan internasional

bandung

Pemkot Bandung bersikeras membuka kembali penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara. Karena kondisi ini seharusnya bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Bandung.

“Kami berharap Bandara Husein (Sastranegara) dibuka kembali untuk penggunaan internasional, seperti Singapura dan Malaysia,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Irwan Irawan, Kamis (1/5/2023) di Balaikota bandung

Sejak pandemi COVID-19, Bandara Husein Sastranegara belum melayani penerbangan internasional. Bandara tersebut masih menunggu keputusan pemerintah pusat untuk membuka kembali penerbangan internasional.

Di sisi lain, Pemkot Bandung juga telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membuka kembali penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara. Irwan mengaku sangat berharap kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Bandung dapat dilanjutkan kembali.

“Sudah diserahkan, kemarin saya kirim surat ke kementerian dua kali. Kemarin saya tidak hadir karena rapat. Kalau persiapan sudah selesai, infrastruktur sudah siap, alhamdulillah,” ujarnya.

Selain itu, Irwan mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan PHRI dan ASITA untuk menarik wisatawan. Ia menyebutkan banyak paket wisata dan event yang bisa menarik wisatawan.

“Ada paket yang bisa keliling Jawa Barat dan menginap di Bandung. Wisatawan mancanegara bisa masuk ke Kota Bandung. Kami sangat berharap demikian,” kata Irwan.

Sementara itu dalam informasi yang diterima detikJabar, Pada libur Natal dan Tahun Baru 2023, terjadi peningkatan wisatawan yang melewati Bandara Husein Sastranegara, yakni sekitar 6 persen. Selama liburan akhir tahun, hingga 33.000 penumpang datang dan pergi melalui Bandara Husein Sastranegara.

“Hasil Nataru tahun ini ada peningkatan 6 persen year on year dari 30.000 menjadi 33.000 penumpang,” kata Executive General Manager (EGM) Bandara Husein Sastranegara, Indra Crisna Seputra.

“Secara umum kenaikannya hampir 76 persen pada 2022,” jelas Indra.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap semakin banyak penerbangan lokal dan internasional yang bisa dibuka.

“Ajukan lagi untuk penerbangan internasional, minimal ke Kuala Lumpur. Sayang kalau tidak dibuka karena peminatnya banyak. Kemudian kami berharap bisa aktif lagi untuk rute-rute ke kota lain, terutama rute-rute yang dulu pernah ada,” kata Yana.

(selatan/enak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button