Hendi siap “mencuci” kota Semarang dengan aktivitas wisata. - WisataHits
Jawa Tengah

Hendi siap “mencuci” kota Semarang dengan aktivitas wisata.

Semarang, Gesuri.id – Walikota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) berkomitmen untuk merevitalisasi kegiatan pariwisata di ibu kota Provinsi Jawa Tengah (Jawa Tengah).

Hal tersebut diwujudkan melalui berbagai program pariwisata yang diadakan secara rutin setiap bulannya di Kota Semarang.

Diantaranya, pria yang akrab disapa Hendi ini, setelah sukses menggelar Floating Market, Urban Downhill Dam, Semarjamu dan Semarang Introducing Market pada Agustus lalu, akan menggelar lebih banyak event lagi di September.

Membaca: Hendi juga mendukung Pemecahan Rekor MURI

Salah satunya adalah Altstadtfest 2022 yang sebelumnya berlangsung secara online selama dua tahun. Festival Kota Semarang Lama akan berlangsung dari tanggal 15-25 September 2022 dengan motto “Heritage Reborn”.

Berbagai rangkaian kegiatan bertujuan untuk memeriahkan festival yang telah berlangsung selama 11 tahun ini. Hendi sendiri optimistis Festival Kota Lama bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke kota lumpia itu.

“Kami di Kota Semarang sudah menegaskan tahun ini tidak ada bulan tanpa kegiatan. Kemarin di bulan Agustus kami memiliki beberapa acara, pada bulan September kami akan mengangkat Festival Kota Lama untuk lebih mempromosikannya. Semoga berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Hendi, Kamis (1/9).

Sementara itu, Ketua Festival Kota Lama Agus Suryono menjelaskan acara tahun ini diselenggarakan secara offline dan hybrid berbeda dengan tahun lalu yang diadakan secara online.

Banyak acara yang digelar mulai dari tari, kuliner legendaris, atraksi budaya panggung, penjelajahan kota tua dan kegiatan komunitas di kota tua dan lain sebagainya. “Acara baru ini akan menghidupkan kota tua. Karena saat pandemi seperti tugu mati, jadi segalanya agar kota tua menjadi hidup, salah satunya adalah budayanya,” kata Agus.

Pengunjung akan menikmati berbagai rangkaian acara yang diadakan. Beberapa di antaranya adalah Dialog Nasional Pelestarian “Warisan Budaya Nasional Kota Semarang” bersama BPPI dan Wayang On The Street di Gedung Oudetrap yang akan diselenggarakan pada 16 September 2022.

Ada juga Pasar Sentiling yang terletak di kawasan Metro Poin dan akan diadakan pada tanggal 15-25 September 2022 yang menampilkan kuliner legendaris kota Semarang dan kuliner legendaris dari seluruh nusantara.

Membaca: Hendi mengapresiasi berdirinya desa Pancasila

Acara menarik lainnya yang saat ini sedang dipersiapkan adalah pameran Produk Unggulan UMKM yang akan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 19 September 2022 di gedung Weeskamer untuk mempromosikan produk UMKM. Kegiatan lain yang bisa dinikmati pengunjung adalah Soegijazz pada 18 September 2022 yang akan menampilkan musisi jazz lokal dan internasional.

Selain itu, juga akan ada Nyiur Pagelaran Nusantara pada 23-25 ​​September 2022 dengan menampilkan karya-karya desainer.

Selain itu rangkaian acara terakhir pada tanggal 25 September 2022 diisi dengan Flashmob Orchestra & Dances di Rumah Akar salah satu lokasi instagramable di Altstadtgasse, dan pada tanggal 24 September 2022 akan ada acara KAGAMA Karawitan dan Fashion Parade di Harmoni.

Serial ini akan mengangkat dan merevitalisasi budaya dan kearifan lokal yang menjadi bagian dari Kota Lama Semarang. Agus menjelaskan Festival Kota Lama telah menjadi program acara nasional Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. “Ada sekitar 100 event nasional dan kami salah satunya,” kata Agus.

Source: www.gesuri.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button