Survei: 96 persen orang memilih liburan domestik di akhir tahun, favorit Bali - WisataHits
Yogyakarta

Survei: 96 persen orang memilih liburan domestik di akhir tahun, favorit Bali

TEMPO.CO, jakarta – Populix, penyedia layanan consumer insights, melakukan survei mengenai rencana perjalanan liburan akhir tahun masyarakat Indonesia. Survei yang dilakukan 9-11 November 2022 itu bertajuk “Laporan Rencana Liburan Akhir Tahun 2022”.

“Hasilnya, 87 persen masyarakat Indonesia memiliki rencana liburan di akhir tahun. Animo masyarakat untuk berlibur tahun ini meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu,” kata Eileen Kamtawijoyo, co-founder dan COO Populix, dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu, 14 Desember 2022.

Menariknya, hingga akhir tahun ini, 96 persen orang akan memutuskan berlibur ke Tanah Air. Destinasi wisata terpopuler antara lain Bali (20 persen), Yogyakarta (17 persen), Bandung (15 persen) dan Lombok (13 persen).

“Sementara 4 persen orang yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun ke luar negeri lebih cenderung memilih Singapura (36 persen), Thailand (19 persen) dan Arab Saudi (12 persen),” ujarnya.

Menurut Eileen, momen liburan akhir tahun ini menjadi begitu berharga setelah dua tahun menangani pandemi Covid-19. Apalagi bagi orang-orang yang sudah lama menunggu untuk kembali berlibur bersama keluarga.

Hasil survei juga mengungkapkan, 69 persen responden menyatakan merencanakan liburan keluarga hingga lima hari. Bahkan, kebanyakan orang menyiapkan agenda liburannya enam bulan hingga seminggu sebelum keberangkatan.

“Kami berharap animo masyarakat yang besar untuk berlibur akhir tahun ini dapat membantu mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang terpuruk dalam dua tahun terakhir,” kata Eileen.

Menurut Eileen, hampir 7 dari 10 orang Indonesia memilih menghabiskan liburan bersama keluarga. Biasanya, mereka mulai merencanakan perjalanan satu hingga enam bulan sebelumnya (45 persen), hingga satu hingga empat minggu sebelum keberangkatan (34 persen).

Untuk mendukung rencana tersebut, 70 persen masyarakat Indonesia mencari rekomendasi tempat wisata terbaru dari keluarga/teman. Dan 69 persen orang memanfaatkan kekuatan media sosial seperti Instagram (87 persen), YouTube (69 persen), dan TikTok (56 persen).

Untuk lama liburan, 49 persen orang berencana menghabiskan 3-5 hari dalam perjalanan liburan di akhir tahun, dan 31 persen berencana menghabiskan kurang dari tiga hari untuk berlibur di akhir tahun ini. “Dengan durasi tersebut, mayoritas masyarakat sudah menyiapkan total budget perjalanan Rp 1 juta hingga Rp 3 juta (47 persen) per orang untuk pergi berlibur,” ujarnya.

Masyarakat Indonesia juga mengaku lebih suka menghabiskan waktu liburan dengan menikmati wisata alam (67 persen) dan wisata kuliner (65 persen). Diikuti dengan menginap (48 persen), mengunjungi taman bermain atau atraksi (45 persen), dan mengunjungi rumah keluarga (32 persen).

Sebelum melakukan perjalanan, mayoritas masyarakat (83 persen) menyiapkan uang tunai dan pakaian, terutama di kalangan Gen Z dan Milenial. Menariknya, Gen X cenderung menyiapkan lebih banyak makanan ringan dan aplikasi mobile banking untuk digunakan saat bepergian, kata Eileen.

Survei dilakukan secara online melalui aplikasi Populix kepada total 1.010 responden pria dan wanita berusia 18-55 tahun di Indonesia. Soal-soal survei dikemas dalam bentuk kuesioner tertutup dengan format simple multiple choice dan complex multiple choice. Durasi survei sekitar 15 menit.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button