Kasad dan Panglima Angkatan Darat Singapura resmi menutup Latma Safkar Indopura-34/2022 - WisataHits
Jawa Barat

Kasad dan Panglima Angkatan Darat Singapura resmi menutup Latma Safkar Indopura-34/2022

Klikwarta.com, Jawa Barat – Angkatan Bersenjata RI dan Singapura baru saja menyelesaikan Latihan Gabungan (Latma) Safkar Indopura ke-34 tahun 2022 di tempat latihan Dawuan Ds. Karanganyar, Kec. Klari, Karawang, Jawa Barat. Sabtu (15/10/2022).

Latma Safkar Indopura-34/2022 sendiri dilaksanakan selama 10 hari, beberapa materi yang diberikan antara lain pengenalan satuan dan persenjataan, pertukaran profesional teknik, taktik dan prosedur operasional di Purkota, pengenalan Rantis Anoa, latihan tembak langsung, latihan posko di tingkat brigade dan batalyon, serta latihan lapangan tingkat batalyon di operasi Purkota.

Dalam amanatnya, Kasad menjelaskan, Safkar Indopura bukan sekadar latihan bersama. Momen ini merupakan ungkapan persahabatan kedua negara dengan kedua angkatan perang yang telah terjalin sejak tahun 1989.

“Saya bangga dengan prajurit kedua angkatan yang mampu mengolah taktik dan strategi, menguasai berbagai alutsista canggih dan tidak gagap saat menghadapi skenario latihan yang berkembang, dinamis dan menantang,” tutup Kasad Latma Safkar Indopura-34 2022.

“Melalui latihan bersama ini, kami berbagi pengalaman, pengetahuan, dan teknik tempur karena kami berbagi visi bersama yang dijalin dari ikatan persaudaraan dan kemitraan strategis yang penting di Asia Tenggara,” kata Kasad.

Kasad memastikan bahwa perbedaan doktrin, teknik, dan taktik tempur antara kedua kontingen tidak menjadi penghalang untuk latihan. Menurutnya, kondisi ini dapat memperluas basis pengetahuan kedua angkatan. Nanti akan sangat berguna ketika kita perlu bekerja sama dalam tugas-tugas masa depan, baik di forum bilateral, regional maupun internasional.

9

Jenderal Dudung berterima kasih kepada Panglima Angkatan Darat Singapura Mayjen David Neo Chin Wee dan stafnya atas kerja sama mereka dalam menyelenggarakan latihan bersama. Kasad berharap Latma Safkar Indopura dapat terus menjadi sarana untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Angkatan Darat Singapura Mayjen David Neo Chin Wee dalam sambutannya mengatakan: “Sebagai lulusan Seskoad, Indonesia memiliki tempat khusus di hati saya TNI Angkatan Darat, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kasad karena telah menjadi tuan rumah hari ini sebagai serta kunjungan kehormatan saya ke Indonesia pada bulan Maret lalu, hal ini mencerminkan bahwa persahabatan TNI AD dan SAF tetap kuat dan berkembang.

Mayor Jenderal David Neo Chin Wee menyatakan bahwa Latma Safkar Indopura ke-34 tahun 2022 menunjukkan kedekatan hubungan pertahanan yang telah berlangsung sejak lama dan tidak pernah berhenti mempromosikan kerjasama antara TNI AD dengan SAF.

Tidak hanya latihan tempur yang akan dilakukan di Latma Safkar Indopura-34/2022, tetapi juga kegiatan olahraga bersama, pertunjukan budaya dan pengenalan tempat wisata.

Diakhir sambutannya, Mayor Jenderal David Neo Chin Wee mengucapkan selamat kepada para peserta diklat yang berhasil dan sukses menyelenggarakan pelatihan ini, serta mengucapkan terima kasih kepada Batalyon Infanteri Mekanik 1 dan 202 TNI AD dan 3 Singapura.

Upacara penutupan Latma Safkar Indopura -34/2022 diakhiri dengan penandatangan peserta pelatihan dari kedua negara dan dilanjutkan dengan penyerahan obor dan bendera Safkar Indopura, dilanjutkan dengan nyanyian dari kedua pasukan dan foto bersama.

(Sumber oleh Pendam Jaya)

Source: www.klikwarta.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button