Program KIA Pintar di Kota Bogor memiliki beberapa fitur yang membuat orang tua senang. Ini dia manfaatnya - WisataHits
Jawa Barat

Program KIA Pintar di Kota Bogor memiliki beberapa fitur yang membuat orang tua senang. Ini dia manfaatnya

3

BOGOR – Kotamadya Bogor (Pemkot) menjadi percontohan atau daerah pertama di Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KIA) dengan inovasi digital bernama “KIA Smart”.

KIA Smart diluncurkan secara resmi oleh Pemerintah Kota Bogor melalui Komisi Perlindungan Anak Daerah Indonesia (KPAID) bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) dan Dinas Kependudukan dan Kedudukan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor.

Ada beberapa daya tarik yang menjadi keunggulan KIA Smart ini dibanding KIA biasa. Antara lain, KTP anak terhubung dengan aplikasi KIA Smart yang bisa diunduh melalui smartphone.

Tidak hanya itu, kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, KIA Smart juga telah bekerja sama dengan dunia usaha agar nantinya para pemilik KIA di Kota Bogor bisa mendapatkan diskon dari penyewa dan juga melihat informasi edukasi dan informasi fasilitas rumah sakit.

Dedie juga menyampaikan bahwa Kota Bogor merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki inovasi ini dan secara resmi meluncurkan KIA Smart.

Kedepannya, lanjutnya, aplikasi KIA Smatt akan dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan beberapa fitur seperti fungsi tombol panik dan juga pelacakan lokasi anak, termasuk konsultasi dan rekam medis anak.

“Mudah-mudahan KPAID Kota Bogor bisa mengajak semua stackholder misalnya diskon tempat olahraga, permainan anak, hotel, restoran, wisata edukasi, termasuk tracking posisi anak,” harapnya usai melihat KIA Smart di salah satu mall Kota Bogor, Selasa. telah disajikan , 23 Agustus 2022.

“Kami mendukung dan bangga Alhamdulillah KIA SMART telah diluncurkan,” imbuhnya.

Ketua KPAID Kota Bogor Dudih Syiaruddin menambahkan, dengan diluncurkannya KIA Smart sebagai mesin pemenuhan hak anak, serta perlindungan dan pemanfaatan seluruh pemangku kepentingan perlindungan anak.

Pihaknya mencatat saat ini ada sekitar 150.000 anak yang sudah memiliki KIA. Namun, bertujuan untuk mendorong hingga 350.000 anak di Kota Bogor untuk memiliki KIA.

“Jadi masih ada sekitar 200.000 anak yang belum KIA. Semua hak anak akan kita penuhi, sisi perlindungan tetap ada dan ada juga manfaat lain yang akan dirasakan pengusaha dengan KIA Smart,” jelasnya.

Source: jabarekspres.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button