Jelang Musyawarah Muhammadiyah, Asrama Haji Donohudan Penuh Sukacita Fokus Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Jelang Musyawarah Muhammadiyah, Asrama Haji Donohudan Penuh Sukacita Fokus Jawa Tengah

FOKUS TENGAH-BOYOLALI- Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 akan diselenggarakan pada Sabtu hingga Minggu 19 dan 20 November 2022 di Solo, Jawa Tengah. Dipastikan ribuan penikmat dari luar akan hadir dalam kongres tersebut. Hal itu juga dirasakan di Asrama Haji (AHD) Donohudan, Ngemplak sejak Kamis 17 November 2022. Puluhan bus, truk, dan minibus memenuhi tempat parkir. AHD Ngemplak digunakan sebagai lokasi transit dan akomodasi untuk pemandu sorak, peserta penuh, dan talenta. Dilaporkan bahwa 800 pemandu sorak mendaftar untuk tetap bersama AHD. Mereka datang dari luar kota seperti Sulawesi, Kalimantan dan lainnya.
“Saat ini AHD sudah ramai peserta dari luar Jawa yang datang lebih awal. Ada yang sudah datang Selasa (15/11) dini hari. Mereka dan talent transit di AHD. Nanti tanggal 18 November akan dibooking ke hotel terdekat Pindah hotel. Sampai kemarin (16/11) ada sekitar 3.200 talenta yang berganti di sini. Beberapa penggembira juga sudah datang,” kata Muktamar Muhammadiyah Ceria di Asrama Haji (AHD) Donohudan, Wahid Hamdani,
pada pertemuan di Gedung Jeddah, AHD, Ngemplak, Kamis 17 November 2022.
Bakat-bakat ini berlatih secara bergiliran di Stadion Manahan Surakarta. Mereka akan tampil pada upacara pembukaan kongres pada 19 November mendatang. Sedangkan AHD masih dimaksimalkan untuk transit. Pasalnya, sebagian peserta penuh juga diinstruksikan untuk sementara menempati Pesantren Mahasiswa (Presma) UMS. Baru pada 18 November distribusi ke 41 hotel dan penginapan yang disediakan oleh Panitia Pusat dimulai.
“Di AHD kami menyewa dan menggunakan semua gedung kecuali RSDC. Di sini bisa menampung 3,5.000-4.000 orang,” imbuhnya.
Selain itu, ada enam dapur umum yang menawarkan makanan gratis di beberapa tempat. Panitia juga menyediakan 30 shuttle bus untuk pemandu sorak. Dikatakan juga untuk mengurangi kemacetan. Sehingga para pemandu sorak diajak jalan-jalan.
Kongres ini juga memberikan dampak positif bagi UMKM di sekitarnya. Terdapat 30 stan UMKM yang berjualan di tempat persewaan AHD. Baik makanan, aksesoris, pakaian dan lain-lain.
Kepala Tata Usaha Asrama Donohudan Ngemplak Bambang Sumanto mengatakan, semua gedung dimaksimalkan untuk menyambut Muktamar Muhammadiyah. Mulai dari ruang rapat kantor lantai dua, gedung Muzdalifah, Mekkah, Madinah, Arofah, gedung Jeddah hingga ruang Al Munif yang biasa digunakan untuk penyimpanan barang bawaan. Pihaknya hanya menyediakan kamar tidur dan kamar mandi hingga 20 November mendatang.
“Kapasitasnya bisa mencapai 3,8.000 hingga 4.000 orang. Fasilitas sanitasi dan air juga cukup. Karena kami memiliki dua sumur dalam yang menampung hingga 125-225 kaki kubik air. Jadi kita siapkan infrastrukturnya saja (Sarpras) dan panitia membeli semuanya,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button