Ini dia spot foto instagramable di Kota Lama Semarang - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ini dia spot foto instagramable di Kota Lama Semarang – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kawasan kota tua Semarang pada malam hari. (Instagram—exploresemarang)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Lama Semarang merupakan kawasan ikonik yang menjadi salah satu tempat wisata di Provinsi Jawa Tengah (Jawa Tengah). Kawasan Kota Lama di Kota Semarang dipadati gedung-gedung peninggalan zaman kolonial yang bernilai sejarah tinggi dan memiliki sejumlah spot foto yang instagramable.

Data yang diterima Solopos.com oleh Kementerian Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah pada awal Mei 2022, Kota Lama Semarang saat ini menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Sebanyak 162.719 wisatawan berkunjung ke Kota Lama Semarang kemarin saat libur Lebaran. Jumlah ini bahkan melampaui Candi Borobudur yang dikunjungi sekitar 153.070 wisatawan selama libur Idul Fitri 2022.

AksiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Daya tarik Kota Lama Semarang tak lain adalah keberadaan sejumlah bangunan tua di kawasan tersebut. Bangunan tua di Kota Lama Semarang ini juga sering menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan.

Maklum, bentuk bangunannya cukup unik di Kota Lama Semarang. Selain itu, bangunannya masih terpelihara dengan baik meski sudah berusia ratusan tahun.

Berikut spot foto yang Instagramable dan diburu wisatawan di Kota Lama Semarang:

Baca juga: Luar Biasa! Kota Lama Semarang menjadi tempat wisata paling laris di Jawa Tengah

1. Gereja Blenduk dan Taman Srigunting

Gereja BlendukSeorang pengunjung Kota Lama Semarang berfoto di depan Gereja Blenduk. (Facebook)

Berkunjung ke Kota Lama Semarang tidak lengkap rasanya tanpa menyempatkan diri untuk berfoto di depan Gereja GPIB Immanuel atau yang lebih dikenal dengan Gereja Blenduk.

Memang, Gereja Blenduk adalah tempat foto paling populer di Kota Tua Semarang. Karena selain bentuk atapnya yang unik, seperti kubah atau blenduk, bentuk arsitektur bangunan ini juga bernuansa kolonialisme.

Sekarang ada Taman Srigunting di sebelah Gereja Blenduk. Taman kota dengan banyak pepohonan rindang ini juga menjadi salah satu spot foto menarik di kota tua Semarang.

2. Akar pohon merambat

Spot foto di kota tua SemarangSeorang pengunjung berfoto di Rumah Akar Kota Tua, Semarang. (Solopos.com/Imam Yuda S.)

Kota Lama Semarang juga memiliki bangunan unik bernama Rumah Akar. Lokasinya tidak jauh dari Gereja Blenduk, di depan Gedung Monod Diephuis, Jalan Kepondang.

Spot foto Instagrammable di Kota Lama ini berupa tembok yang mengelupas dan jendela kayu besar yang ditumbuhi akar pohon raksasa. Bentuknya cukup unik dan terlihat estetis.

3. Gedung Marba Gedung

Spot foto kota tua, SemarangPenampakan gedung Marba yang merupakan salah satu ikon kota tua Semarang. (Instagram/@alapalapnusantara)

Gedung Marba terletak di sebelah Taman Srigunting. Bangunan bergaya kolonial ini menyerupai Red Shop yang ikonik di Kota Tua Jakarta.

Bangunan Marba berwarna merah marun dan terdiri dari dua lantai. Gedung Marba juga menjadi salah satu ikon Kota Lama Semarang dan menjadi tempat foto atau tempat wisata yang populer.

Baca Juga: Mitos Sendang Nyi Renggo di Kranggan Semarang, Dari Air Penyembuh Hingga Angka Togel

4. Galeri Seni Kontemporer Semarang

Galeri Seni Kontemporer Semarang adalah sebuah bangunan tua yang dibangun pada tahun 1822. Bangunan ini juga tidak jauh dari Kota Lama Semarang.

Gaya arsitektur bangunan bernuansa kolonial juga menjadi spot foto menarik di Kota Lama Semarang.

5. Museum Seni Trik 3D Kota Tua

Salah satu spot foto di Old City 3D Trick Art Museum, kawasan Kota Lama, Kota Semarang, Jawa Tengah.  (Instagram—kota lama3d)Salah satu spot foto di Old City 3D Trick Art Museum, kawasan Kota Lama, Kota Semarang, Jawa Tengah. (Instagram—kota lama3d)

Sekitar 50 meter dari Gereja Blenduk, di kota tua Semarang terdapat tempat wisata yang wajib dikunjungi yaitu Museum 3D Trick Art Kota Tua.

Tempat wisata ini menawarkan sekitar 108 background foto tiga dimensi yang terbagi dalam empat ruangan dengan tema berbeda. Keempat tema tersebut adalah bangunan khas Semarang, budaya Semarang, tokoh nasional dan internasional, serta beberapa tokoh dalam film tersebut.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button