Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan, ekonomi, dan pariwisata dengan Mesir - WisataHits
Jawa Timur

Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan, ekonomi, dan pariwisata dengan Mesir

Bisnis.comSURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjajaki dan memperkuat kerja sama pendidikan, ekonomi, dan pariwisata dengan Mesir, termasuk melalui rencana penandatanganan Memorandum of Understanding (LoI) dengan Gubernur Alexandria pekan ini.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, rencana kerja sama dengan Mesir akan dilakukan dengan Gubernur Alexandria di bidang perdagangan, ekonomi, dan pariwisata.

“Untuk itu kami memohon restu dan dukungan Duta Besar Mesir untuk Indonesia HE Mr. Ashraf Sulthan di rumah dinasnya di kawasan Menteng Jakarta agar upaya kami dapat membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat Jawa Timur,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (22/11/2022).

Ia mengatakan, salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Dubes Mesir tersebut adalah penguatan kerja sama di bidang pendidikan, mengingat Jatim selama ini memiliki beberapa program strategis dengan Mesir, seperti memfasilitasi beasiswa bagi guru Diniyah dari Jawa Timur ke pergi ke Universitas Al-Azhar, Mesir.

“Kami berharap kerjasama ini semakin diperkuat agar semakin banyak mahasiswa Jawa Timur yang bisa belajar di Universitas Al-Azhar,” ujarnya.

Menurut Khofifah, potensi wisata religi di Mesir sangat kuat dengan berbagai peninggalan dari peradaban kuno yang memiliki sejarah peradaban Islam yang sangat kental. Apalagi bila para syekh bersedia berkunjung, menjadi potensi kekuatan wisata religi yang luar biasa.

“Karena setiap tahunnya ada sekitar 160.000 jemaah umrah di Jawa Timur yang bisa mendapatkan layanan ziarah ke tempat-tempat bersejarah peradaban di Mesir. Seperti Imam Syafii, Bibliotheca sebagai perpustakaan pertama di dunia, piramida dan sebagainya,” tambahnya.

“Jika seseorang diizinkan mengunjungi Sowan bersama para syekh, itu tentu merupakan hak istimewa,” tambahnya.

Namun, lanjut Khofifah, saat ini masih ada kendala bagi warga Jawa Timur untuk berwisata ke Mesir, yakni belum adanya penerbangan langsung dari Surabaya ke Mesir dan sebaliknya. Ia berharap ke depannya akan ada peluncuran penerbangan langsung dari Surabaya ke Mesir.

“Selain bidang pendidikan dan pariwisata, penguatan kerja sama di bidang komersial juga dibahas. Kami sudah beraliansi dengan pengusaha dari Jawa Timur agar bisa berjejaring dan cocok dengan pengusaha di Alexandria dan Mesir pada umumnya,” ujarnya.

Duta Besar Mesir untuk Indonesia HE Mr Ashraf Sulthan mengatakan pihaknya memastikan kunjungan Jawa Timur ke Mesir dan rencana penandatanganan LoI akan terus dipantau dan didampingi oleh pemerintah Mesir.

“Termasuk keinginan penerbangan langsung dari Mesir ke Surabaya. Kami akan memberikan dukungan maksimal untuk memperkuat kerja sama Jawa Timur-Mesir di bidang-bidang tersebut,” ujarnya.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Konten premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Masuk / daftar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button