Suwar Suwir Jember, penganan berbahan singkong fermentasi sudah ada sejak zaman Belanda - WisataHits
Jawa Timur

Suwar Suwir Jember, penganan berbahan singkong fermentasi sudah ada sejak zaman Belanda

Suwar Suwir Jember, penganan berbahan singkong fermentasi sudah ada sejak zaman Belanda

Suwar Suwir Jember, penganan berbahan singkong fermentasi sudah ada sejak zaman Belanda
Suwar-suwir, jajanan khas Jember, sudah ada sejak zaman Belanda. © 2022 Merdeka.com/Jurnal Catering Unesa

Merdeka.com – Kabupaten Jember, Jawa Timur dikenal sebagai surganya pita singkong. Aneka oleh-oleh khas Jember berbahan dasar tape.

Souvenir khas jember antara lain prol tape atau kue rasa tape, tape dodol, tape ketan, dan ada juga tape asli yang dikemas dalam keranjang bambu. Seperti di kota-kota wisata lainnya, wisatawan yang datang ke Kabupaten Jember juga dapat dengan mudah menemukan toko-toko yang menjual oleh-oleh khas daerah tersebut.

Artikel media taboola

Selain itu, ada jajanan yang sangat identik dengan Jember, yaitu Suwar Suwir. Dikutip dari Indonesia Kaya, jajanan ini sudah ada di daerah Jember sejak zaman penjajahan Belanda. Seperti jajanan khas jember lainnya, suwar-suwir dibuat dengan bahan dasar pita singkong.

2 dari 3 halaman

Harga yang terjangkau

Suwar Suwir, jajanan khas Jember, sudah ada sejak zaman Belanda

© 2022 Merdeka.com/Jurnal Catering Unesa

Suwar Suwir berbentuk seperti Dodol namun memiliki tekstur yang lebih padat. Biasanya jajanan ini terdiri dari berbagai rasa, seperti coklat, kacang tanah, pandan, coklat kemerah-merahan hingga susu strawberry. Jajanan berupa balok dengan panjang antara 3 sampai 4 sentimeter ini dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per kilogram.

Dikutip dari situs resmi Pemkab Jember, jajanan Suwar Suwir memiliki warna cerah seperti hijau, putih, coklat hingga merah. Memberi Suwar Suwir warna cerah bertujuan untuk menarik perhatian calon pembeli.

Suwar Suwir cocok sebagai camilan untuk bersantai. Di musim hujan seperti sekarang ini, Suwar Suwir cocok dijadikan cemilan keluarga di rumah, ditemani secangkir teh atau minuman hangat lainnya.

3 dari 3 halaman

Produsen singkong

kebun singkong

Shutterstock

Banyaknya makanan khas jember berbahan singkong tidak lepas dari tingginya produktivitas umbi kayu di daerah tersebut. Kabupaten Jember merupakan salah satu penghasil singkong terbesar di Indonesia.

Tanaman singkong tersebar hampir merata yaitu di 28 kecamatan dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Jember. Diantaranya di Kencong, Gumukmas, Puger, Wuluhan, Ambulu, Tempurejo, Silo, Mayang, Mumbulsari, Ajung, Rambi Puji, Balung, Semboro, Jombang, Sumberbaru, Tanggul, Bangsalsari, Panti, Sukorambi, Arjasa, Pakusari, Kecamatan Kalisat, Ledokombo, Sumberjambe, Sukowono, Jelbuk, Kaliwates, Sumbersari dan Patrang (BPS, 2013).

Produktivitas singkong yang tinggi mendorong masyarakat berinisiatif mengolah bintil kayu menjadi berbagai jenis jajanan.

[rka]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button