Gubernur Jawa Timur dan Duta Besar Mesir membahas penguatan kerja sama di bidang pendidikan, ekonomi, dan pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur dan Duta Besar Mesir membahas penguatan kerja sama di bidang pendidikan, ekonomi, dan pariwisata

Gubernur Jatim Khofifah saat bertemu Dubes Mesir Ashraf di Jakarta (Foto: Biro Adpim Jatim)

JAKARTA, BIDIKNASIONAL.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan silaturahmi dengan Duta Besar Mesir untuk Indonesia Mr. Ashraf Sulthan di rumah dinasnya di Menteng Jakarta pada Senin (21/11).

Selama dua jam pertemuan, diskusi antara keduanya sangat produktif. Baik Gubernur Khofifah maupun Dubes Mesir untuk Indonesia Mr. Ashraf Sulthan aktif membahas upaya penguatan kerjasama antara Jawa Timur dan Mesir. Terutama di bidang perdagangan dan ekonomi, pariwisata dan pendidikan.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada Pak Ashraf Sulthan yang berkenan menyambut kami. Dan banyak hal yang kita bahas secara konkrit, terutama bagaimana memperkuat kerjasama antara Jawa Timur dan Mesir di bidang ekonomi, pariwisata dan pendidikan,” kata Gubernur Khofifah usai pertemuan.

Ia mengatakan, salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan itu adalah penguatan kerja sama di bidang pendidikan. Seperti diketahui, Jawa Timur telah melakukan beberapa program strategis dengan Mesir. Misalnya memfasilitasi beasiswa bagi guru di Diniyah Jawa Timur untuk melanjutkan ke Universitas Al-Azhar Mesir.

“Kami berharap kerjasama ini semakin diperkuat agar semakin banyak mahasiswa Jawa Timur yang bisa belajar di Universitas Al-Azhar,” ujarnya.

Tak hanya itu, Gubernur Khofifah dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Pemprov Jatim akan melakukan kunjungan ke Mesir pada pekan ini. Dengan agenda utama penandatanganan LoI dengan Gubernur Alexandria.

“Kami akan menandatangani LoI dengan Gubernur Alexandria tentang kerja sama di bidang perdagangan, ekonomi, dan pariwisata. Kami mohon doa restu dan dukungannya agar upaya kami dapat membawa manfaat yang berarti bagi masyarakat Jawa Timur,” kata Khofifah.

Selain itu, diriwayatkan juga beberapa waktu lalu beberapa Syekh Al-Azhar berkunjung ke Jawa Timur termasuk Grhadi. Seperti Syekh Prof DR Muhammad Abdushomad Muhammad Muhanna, Syekh Prof DR Faty Abdurrahman Hijazi, Syekh Prof DR Yusri Rusydi Jabr, Syekh Prof DR Mahmud Fathi Hijazi, Syekh Barkawi.

Gubernur Khofifah mengatakan potensi wisata religi di Mesir sangat kuat dengan berbagai peninggalan peradaban kuno yang memiliki sejarah peradaban Islam yang sangat kental. Apalagi jika para Syekh bersedia berkunjung, akan ada potensi kekuatan wisata religi yang luar biasa.

“Karena setiap tahunnya ada sekitar 160.000 jemaah umrah di Jawa Timur yang bisa mendapatkan layanan ziarah ke tempat-tempat bersejarah peradaban di Mesir. Seperti Imam Syafii, Bibliotheca sebagai perpustakaan pertama di dunia, piramida dan sebagainya,” tegasnya.

“Jadi, jika Anda diizinkan mengunjungi Syekh Sowan, itu tentu merupakan keistimewaan tersendiri,” tambahnya.

Namun Gubernur Khofifah mengatakan, salah satu kendala saat ini adalah belum adanya penerbangan langsung dari Surabaya ke Mesir dan sebaliknya. Padahal ini sangat penting dan strategis. Gubernur Khofifah berharap kedepannya penerbangan langsung Surabaya-Mesir bisa dimulai.

Selain pendidikan dan pariwisata, pertemuan juga membahas penguatan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengusaha dari Jawa Timur agar bisa berjejaring dan cocok dengan pengusaha di Alexandria dan Mesir pada umumnya. Itu artinya seperti gayung bersambut. Dengan potensi yang luar biasa tersebut, sayang sekali jika tidak dimaksimalkan,” tambah Gubernur Khofifah.

Menanggapi pengumuman Gubernur Khofifah, Duta Besar Mesir untuk Indonesia HE Mr Ashraf Sulthan menyambut baik penguatan kerja sama yang sedang dilakukan Pemprov Jatim dengan Mesir, khususnya dengan Alexandria.

Pihaknya juga menjanjikan kunjungan dan penandatanganan LoI yang akan dilakukan antara Gubernur Khofifah dengan Gubernur Alexandria ini akan diawasi dan didampingi oleh Bapak Ashraf Sulthan.

“Termasuk kebutuhan penerbangan langsung dari Mesir ke Surabaya. Sebenarnya kami sudah menulis surat, tapi kami berharap Gubernur Jatim juga mengatakan akan segera menemukan solusi dalam pertemuan dengan Gubernur Alexandria dan Syekh Agung,” ujarnya.

Tak hanya itu, Duta Besar Mesir untuk Indonesia, Mr Ashraf Sulthan juga meyakinkan pihaknya akan memberikan dukungan maksimal terhadap rencana Gubernur Jatim untuk mempererat kerjasama dengan Mesir di bidang pendidikan, ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

Sumber : Biro Adpim Prov Jawa Timur
Laporan: Poedji Leksono

Lanjut membaca

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button