Inilah 5 Bakso Jawa Paling Legendaris di Yogyakarta - KRJOGJA - WisataHits
Yogyakarta

Inilah 5 Bakso Jawa Paling Legendaris di Yogyakarta – KRJOGJA

YOGYA, KRJOGJA.com – Apa bedanya bakso jawa dengan bakso daerah lain? Ternyata selain bakso jawa ada juga mie kuning, bihun dan bakso yang banyak banget dagingnya, tapi ada juga bakso goreng kecil.

Bakso jawa paling enak disantap pada sore atau malam hari, apalagi saat hujan, terasa hangat di badan. Memang bakso jawa disukai oleh berbagai kalangan dan usia. Makanan khas Indonesia ini juga sangat mudah ditemukan mulai dari gerobak dorong, warung pinggir jalan, pusat perbelanjaan hingga restoran.

Penjual Bakso Jawa yang tahan lama selalu dicari oleh pelanggan setianya. Jam terbang yang tinggi tentu menjamin kualitas bakso itu sendiri.Yogyakarta memiliki bakso jawa legendaris yang wajib dikunjungi karena rasanya yang tak terlupakan.

dan ingin menyantap makanan berkuah yang satu itu, inilah bakso legendaris yang wajib dikunjungi.

1. Bakso PK
Warung legendaris yang terletak di trotoar Jalan Pakuningratan ini bernama Bakso dan Es Buah PK. Meski tempatnya tidak terlalu besar, stand di Yogya yang didirikan oleh Pak Karmio sejak tahun 1973 ini sangat fenomenal.

Saking legendarisnya toko ini memiliki pelanggan turun temurun yang masih sering mampir, dari kuliah hingga keluarga. Puluhan tahun sale tapi kualitas dan rasa tetap konsisten, lho. Cuma harga tergantung bahan.

Semangkuk PK Bakso lengkap terdiri dari tiga buah bakso, mie kuning, bihun, sawi, tahu goreng, bakso goreng, dan taburan bawang goreng. Semuanya meleleh sempurna di mulut. Hangat, segar dan lezat. Selain bakso, pedagang kaki lima ini juga menjual es krim campur.

Yang membuat es krim buah PK ini istimewa adalah adanya potongan buah sawo di dalam campuran es krimnya dan penggunaan sirup Pak Karmio membuat manisnya terasa pas di lidah.

Alamat: Jalan Pakuningratan Nomor 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, 10:00 – 18:00 WIB.

Harga: mulai dari Rp12.000.

2. Bakso Pak Tresno
Jika Anda berkunjung ke Jogja National Museum (JNM), sempatkan untuk mencoba Bakso Pak Tresno yang terletak persis di sudut depan JNM. Stand bakso ini sebenarnya terletak di pinggir jalan dan hanya menggunakan gerobak, meja dan beberapa kursi untuk ruang ritel. Yang jelas stand bakso ini tidak pernah sepi pembeli.

Pemilik stand bakso ini adalah Pak Trisno Sumarto yang sudah berjualan bakso sejak tahun 1972. Dalam sehari, Pak Tresno bisa menghabiskan hingga 15 kg daging sapi untuk membuat bakso.

Semangkuk bakso tresno-san ini standar seperti bakso di yogya pada umumnya. Rasanya khas gerobak bakso biasa, sederhana tapi pas. Baksonya tidak terlalu besar, rasanya lembut dan gurih.

Sorotannya adalah bakso goreng yang sangat renyah. Banyak pelanggan yang ketagihan bakso goreng ini dan minta tambah. Dengan harga yang sangat murah dan rasa yang memanjakan lidah, seringkali barang-barang tersebut sudah habis terjual sebelum pukul 10 malam.

Alamat : Jalan Prof.Dr. Ki Amri Yahya, Wirobrajan, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 3 sore hingga 10 malam WIB.

Harga: mulai dari Rp 8.000

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button