Pesona Taman Nasional Baluran, Sepotong Kecil Surga di Banyuwangi - WisataHits
Jawa Barat

Pesona Taman Nasional Baluran, Sepotong Kecil Surga di Banyuwangi

menjawab – Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di daerah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Nama Baluran sendiri diambil dari nama salah satu gunung yang ada di kawasan tersebut yaitu Gunung Baluran.

Tempat ini disebut Africa Van Java karena menawarkan pemandangan sabana yang membentang seperti sabana di Afrika. Tempat wisata di Banyuwangi yang sangat eksotis menjadi salah satu objek wisata kebanggaan negara.

Selain itu, destinasi yang satu ini tertanam dalam cagar alam yang sering dijadikan sebagai subjek penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya.

Taman Nasional Baluran terdiri dari jenis vegetasi sabana, hutan bakau, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan rendah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Namun, jenis vegetasi sabana dominan di kawasan ini, yakni mencapai 40 persen dari total luas daratan.

cerita

img_title

Taman Nasional Baluran. (Foto: Javatravel.net)

Awalnya, kawasan taman nasional ini ditetapkan sebagai hutan lindung pada tahun 1930 oleh direktur Kebun Raya Bogor bernama KW Dammerman. Statusnya kemudian diubah menjadi cagar alam oleh gubernur Hindia Belanda pada tahun 1937.

Pada tanggal 6 Maret 1980, bertepatan dengan Hari Strategi Konservasi Dunia, Menteri Pertanian menetapkan Suaka Margasatwa Baluran sebagai Taman Nasional Baluran.

Kawasan Taman Nasional Baluran

img_title

Savana Bekol Baluran. (Fototourism.situbondokab.go.id)

Berdasarkan SK. Menteri Kehutanan No. 279/Kpts.-VI/1997 tanggal 23 Mei 1997, kawasan taman nasional ini ditetapkan seluas 25.000 hektar dengan zona inti 12.000 hektar, kawasan hutan 5.537 hektar, pemanfaatan intensif zona seluas 800 hektar dan zona pemanfaatan khusus seluas 783 hektar.

Taman nasional ini terletak di dua kabupaten yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Taman ini tidak hanya dihuni oleh satwa liar tetapi juga merupakan rumah bagi hutan bakau terbesar di Asia. Oleh karena itu, taman nasional ini menjadi habitat berbagai jenis tumbuhan dan hewan endemik pulau Jawa.

Keanekaragaman flora dan fauna

img_title

Taman Nasional Baluran. (Foto: seindotravel.com)

Diperkirakan terdapat 444 jenis tumbuhan di Taman Nasional Baluran, beberapa di antaranya merupakan tumbuhan asli yang unik dan mampu beradaptasi dengan kondisi yang sangat kering.

Tumbuhan tersebut antara lain widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadirachta indica), dan pilang (Acacia leucophloea).

Keanekaragaman flora di taman nasional ini terdiri dari 87 famili dengan 24 jenis tumbuhan eksotik, 265 jenis tumbuhan obat dan 37 jenis tumbuhan yang hidup di ekosistem mangrove.

Sedangkan untuk keanekaragaman fauna, taman nasional ini memiliki 28 jenis mamalia, 196 jenis burung, ikan dan reptil.

Diketahui ada 47 jenis satwa yang dilindungi undang-undang, antara lain 5 jenis insektivora, 5 jenis karnivora, 4 jenis herbivora, 32 jenis burung dan 1 jenis reptil.

Fauna tersebut antara lain banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), kancil (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus Pelasdoc) dan kucing bakau ( Prionailurus viverrinus). ).

Adapun berbagai jenis burung yang ada di taman nasional ini antara lain Layang-layang Api (Hirundo rustica), Tuwuk Asia (Eudynamys scolopacea), Burung Merah (Pavo muticus), Ayam Hutan Merah (Gallus gallus), Kangkareng (Anthracoceros convecus), rangkong paruh merah (Buceros rhinoceros) dan bangau tong tong (Leptoptilos javanicus).

Tempat Wisata di Taman Nasional Baluran

Daya tarik tempat wisata bernama Africa Van Java ini bisa dinikmati saat musim kemarau. Karena wisatawan bisa melihat panorama yang mirip dengan tanah sabana di Afrika.

Namun, saat musim hujan bentang alamnya terbentang di atas rerumputan hijau dengan latar belakang Gunung Baluran yang juga merupakan Padang Rumput Bekol yang menjadi habitat hewan seperti kerbau, banteng, rusa, kera, lutung, merak dan masih banyak lagi.

Ada banyak tempat menarik untuk dikunjungi di kawasan ini. Mulai dari Savana Bekol, hutan cemara yang menghijau, hingga keindahan bawah laut Pantai Bama yang eksotis.

Selain itu masih banyak destinasi wisata lainnya seperti Goa Jepang, Curah Air Mata, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk dan Pandean atau Bang -Kuil.

Berikut beberapa tempat menarik untuk dikunjungi di kawasan Taman Nasional Baluran.

Savana Bekol

img_title

Savana Bekol Baluran. (Fototourism.situbondokab.go.id)

Padang Savana Bekol terdiri dari hamparan sabana, hutan dan Gunung Baluran. Tempat ini seluas 300 hektar dan merupakan tempat wisata atau objek wisata terpopuler di Taman Nasional Baluran.

Saat musim kemarau, sabana ini menyuguhkan hamparan rumput berwarna kuning keemasan seperti sabana di Afrika. Namun, yang terhampar di sana saat musim hujan adalah padang rumput hijau yang sangat luas.

Jika beruntung, Anda bisa melihat sekawanan banteng, rusa, ayam hutan, dan burung merak yang memamerkan keindahan ekornya.

Hutan Hijau

img_title

Hutan Hijau Baluran. (Fotogoyuk.com)

Evergreen Forest merupakan kawasan hutan eksotis yang akan memukau semua mata yang memandang. Anda dapat melihat sekawanan kupu-kupu yang indah di genangan air di sepanjang hutan.

Nama Evergreen sendiri diambil karena pemandangan hutan yang begitu indah dan selalu terlihat hijau dan asri sepanjang tahun dan seolah abadi.

Hutan ini selalu terlihat hijau dan tidak pernah kering karena di daerah ini terdapat cekungan yang mengalirkan sungai-sungai bawah tanah. Selain itu, pemandangan hijau alami hutan ini didominasi oleh pepohonan tropis.

Kawasan ini juga diberkahi dengan berbagai jenis hewan di antara pepohonan lebat dan dedaunan lebat yang menaungi jalan di sepanjang hutan.

pantai bama

img_title

pantai Bama. (Foto: yukbanyuwangi.co.id)

Pantai Bama berjarak 3 kilometer dari Padang Savana Bekol, salah satu pantai di Banyuwangi ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan memanjakan mata. Hamparan pasir putih sepanjang 300 meter serta air laut yang bersih dan jernih.

Ada juga hutan bakau di sekitar pantai dengan aktivitas yang bisa dicoba seperti B. Jalan-jalan di pantai, menjelajahi hutan bakau dan snorkeling. Pantai ini juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam.

Pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas seperti shelter, mushola, toilet umum, permainan dan area outdoor yang dapat menunjang kegiatan wisata dan kenyamanan.

gua jepang

img_title

Gua Baluran Jepang. (Foto planandforester.com)

Goa Jepang adalah tempat wisata bersejarah di pintu masuk Taman Nasional Baluran. Gua Jepang ini merupakan situs peninggalan sejarah, saksi dari pendudukan Jepang di masa penjajahan.

Gua yang berjarak 100 meter dari gerbang masuk Baluran ini memiliki luas sekitar 12 meter yang digunakan sebagai benteng dan penyimpanan amunisi.

Nah, itulah sedikit sekilas informasi tentang hal-hal kecil dan pesona Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuwangi Jawa Timur yang patut untuk diketahui. Mungkin berguna!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button