Berdiri sejak tahun 1953, pusat kerajinan perak di Kotagede ini sudah mendunia! Begini ceritanya - WisataHits
Yogyakarta

Berdiri sejak tahun 1953, pusat kerajinan perak di Kotagede ini sudah mendunia! Begini ceritanya

INDOZONE.ID – Kotagede merupakan bekas ibu kota kerajaan Islam Mataram yang berdiri pada tahun 1532 M di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai kawasan budaya dengan banyak peninggalan sejarah, keindahan Kotagede dapat dilihat dari sisi arsitektur bangunan dan kehidupan sosial budayanya.

kotagedeKerajinan Perak Puat Kotagede, Yogyakarta. (Hasan Syamsuri/Z Pencipta)

Saat ini Kotagede juga dikenal sebagai produsen kerajinan perak kualitas dunia. Salah satu perusahaan kerajinan perak di Kotagede adalah HS SILVER yang telah mendapatkan sertifikat Clean, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

kotagedeKerajinan Perak Kotagede, Yogyakarta. (Hasan Syamsuri/Z Pencipta)

Nama HS merupakan singkatan dari Harto Suharjo, pendiri Perusahaan Kerajinan Perak. Didirikan pada tahun 1953, perusahaan ini telah diturunkan dari generasi ke generasi hingga saat ini. Pangsa pasar kerajinan perak HS SILVER sendiri sudah merambah pasar luar negeri.

kotagedeKerajinan Perak Kotagede, Yogyakarta. (Hasan Syamsuri/Z Pencipta)

Kerajinan perak HS SILVER sangat beragam. Mulai dari cincin, gelang, kalung, anting hingga karakter tertentu bahkan miniatur candi Borobudur dan Prambanan. HS SILVER juga bisa membuat kerajinan perak sesuai pesanan customer.

kotagedeKerajinan Perak Kotagede, Yogyakarta. (Hasan Syamsuri/Z Pencipta)

Meskipun desain HS SILVER mencapai ribuan, semuanya keren. Dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi, wajar saja jika harga perak di HS SILVER bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Karena kualitas yang ditawarkan sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Di balik nama besar di balik bisnis kerajinan perak ini menyembunyikan keunikan tertentu. Selain menjual produk, perusahaan HS SILVER juga membuka kursus pembuatan kerajinan perak. Selain itu, usaha ini juga merupakan sarana wisata edukasi yang berkaitan dengan produksi perak.

kotagedeKerajinan Perak Kotagede, Yogyakarta. (Hasan Syamsuri/Z Pencipta)

Pengunjung atau konsumen yang datang ke HS Silver diperbolehkan untuk melihat proses pembuatan kerajinan perak di HS SILVER. Berbagai jenis teknik pembuatan hingga urutan pembuatan kerajinan perak dari awal hingga produk dijelaskan dengan gamblang.

kotagedeKerajinan Perak Kotagede, Yogyakarta. (Hasan Syamsuri/Z Pencipta)

Sekarang! Jika Anda sedang berwisata ke Yogyakarta, sempatkan untuk datang ke HS SILVER di Jalan Mondorakan. Siapa tahu Anda akan tertarik untuk menjadi perajin perak, atau setidaknya menambah pengetahuan tentang kerajinan perak, ketika Anda datang ke HS Silver.

Buat cerita lucumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan satu klik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button