BUMDes Karya Mandiri meningkatkan PAD - WisataHits
Yogyakarta

BUMDes Karya Mandiri meningkatkan PAD

BUMDes Karya Mandiri meningkatkan PAD

tanpa judul

Krjogja.com – WONOSARI – Pemerintah Kelurahan Ngawis Kapanewon Karangmojo menggelar Musyawarah Desa (Muskal) Laporan Pertanggungjawaban Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri Ngawis Tahun 2022 pada Senin (30/01/2022). Pemaparan program kerja BUMDes 2023 juga dilakukan dalam kesempatan ini.

“Alhamdulillah BUMDes Karya Mandiri Ngawis sejak awal berdiri sudah mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD). Meski tidak memiliki potensi wisata, namun mampu mengembangkan berbagai unit usaha. Sehingga bisa tumbuh dan berkembang sekarang,” kata Lurah Ngawis Anjar Kurniawan Amd.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Badan Musyawarah Desa (Bamuskal) Ngawis Jumbadi SPd, Direktur BUMDes Karya Mandiri Ir Sunu Gunarto, Jajaran Direksi, perangkat desa, Dukuh, Pamong, tokoh masyarakat dan undangan.

Direktur BUMDes Karya Mandiri Ngawis Ir Sunu Gunarto menambahkan sejak awal berdiri, BUMDes telah mengembangkan berbagai unit usaha mulai dari fotokopi, sewa traktor, blender, elpiji hingga simpan pinjam. “Banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tumbuh melalui unit usaha simpan pinjam BUMDes,” tambahnya.

Ir Sunu Gunarto mengatakan, sejak dicanangkan pada 2018-2021, BUMDes Karya Mandiri mampu memberikan PAD ke kecamatan mencapai lebih dari Rp24 juta. Sedangkan BUMDes Karya Mandiri akan menyediakan PAD Rp 8,4 juta untuk tahun 2022. Bahkan dana sosial disalurkan untuk pendidikan.

“Berbagai layanan kini terus ditingkatkan. Bahkan, bekerjasama dengan bank BPD DIY, mereka kini menjadi agen, sehingga bisa menawarkan pembayaran PBB, listrik, pinjaman, dan berbagai layanan lainnya,” terangnya. (Ded)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button